Unik, Informatif , Inspiratif

Keren! Rilis Fitur Baru, Android Oreo Tawarkan Baterai Lebih Awet

0

Fitur baru telah tersedia dalam Android versi 8.1 Oreo. Digadang-gadang, dengan adanya fitur tersebut, usia baterai smartphone mampu bertahan lebih lama. Nama fitur tersebut ialah wakelock detector.

Wakelock detector ialah aplikasi penghemat baterai yang akan melakukan identifikasi dan memberitahu aplikasi yang membuat smartphone tak mampu berada dalam mode deep sleep.

Fitur ini berkemampuan untuk memilih aplikasi yang menguras daya baterai dengan cara mencegah smartphone berada dalam mode deep sleep. Aplikasi yang tengah berjalan di background seperti jaringan wifi, data seluler, atau sosial media, akan dinon-aktifkan sementara selama mode deep sleep. Lalu, agar tetap sinkron khususnya aplikasi yang membutuhkan notifikasi, aplikasi di latar belakang tersebut akan dinyalakan kembali.

Tak hanya itu, fitur ini juga memberitahu alasan kenapa aplikasi ini menggunakan banyak sekali juice seperti aplikasi berbasis lokasi yang dapat menelusuri lokasi pengguna dengan berulang kali. Aplikasi seperti ini akan menguras daya sangat cepat.

Dikutip Kompas dari Phone Arena, Senin (13/11/2017), Wakelock detector dapat ditemukan di menu informasi baterai yang berada di Setting atau pengaturan. Dimana nantinya wrongdoing app atau aplikasi yang tidak tepat akan mudah diidentifikasi dengan peringatan ikon baterai bewarna merah.

, Keren! Rilis Fitur Baru, Android Oreo Tawarkan Baterai Lebih Awet

Dengan mengetuk aplikasi tersebut maka pengguna bisa memutuskan apakah menutup secara paksa aplikasi atau ‘melumpuhkan’ (disable) layanan pendukung yang sedang digunakan seperti GPS yang didukung penelusuran lokasi.

Selama ini, hampir sebagian besar pengguna Android mengakali penghematan daya baterai dengan menggunakan aplikasi ketiga untuk mendeteksi wrongdoing app. Dengan layanan fitur baru dari Android ini diharapkan akan menjadi masa depan sistem operasi Android yang lebih baik. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.