Foto: STUDENT | Universitas Udayana

Kereta Cepat Jakarta-Surabaya akan Digarap Jepang

Foto: STUDENT | Universitas Udayana

Kabarnya pemerintah Indonesia akan membuat Kereta Cepat Jakarta-Surabaya. Proyek Kereta Cepat ini rencananya akan dikerjakan oleh Jepang.

“Sudah diputuskan pakai Jepang,” kata Luhut Binsar Pandjaitan,  Menko Kemaritiman, akhir pekan lalu seperti dilansir tribunnews.com.

Luhut mengungkapkan, proyek tersebut akan segera digarap. Sebelum pembuatan kereta tersebut, pemerintah akan menggelar pra-studi kelayakan proyek. Pra-studi kelayakan tersebut akan dilaksanakan pada Mei 2017.

“Ada joint study nanti dengan Jepang nanti langsung maju dan kami harap kuartal IV 2019 selesai,” terang Luhut.

Ridwan Djamaludin, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur Kemenko Kemaritiman, mengatakan, Proyek Kereta Jakarta-Surabaya akan dilakukan dengan dua pola. Pertama, penutupan pola penghapusan perlintasan sebidang.

Berdasarkan catatan Basuki Hadimuljono, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat yang disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat beberapa waktu lalu, ada 988 perlintasan sebidang yang perlu diperhatikan dalam proyek kereta Jakarta-Surabaya.

Sedangkan pola kedua, jalur di atas atau elevated. “Jadi nanti kombinasi itu tergantung kondisi lapangan,” kata Basuki.

Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya digagas pemerintah demi memperbaiki  kecepatan rata-rata kereta dengan rute Jakarta-Surabaya ini diubah menjadi 150 km/ jam, yang asalnya 80 km/jam. []

SatuMedia


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *