, Kesemutan? Atasi Dengan Ini
Unik, Informatif , Inspiratif

Kesemutan? Atasi Dengan Ini

0
, Kesemutan? Atasi Dengan Ini
Foto: Okezone

INSPIRDATA. Kesemutan adalah kondisi dimana bagian tubuh tertentu-seperti tangan dan kaki-terasa kaku karena beragam faktor. Saat terjadi kesemutan, Anda tentu merasa tidak nyaman.

Berikut tips mengatasi kesemutan seperti disitat dari rubrikita.

Kesemutan pada tangan

Kesemutan pada tangan disebabkan oleh terhambatnya aliran darah yang mengalir ke syaraf – syaraf pada tangan. Kesemutan pada tangan biasanya timbul ketika seseorang sedang dalam posisi tidur dan terkadang tidak menyadari bahwa tangan terhimpit atau tertindih dengan badan. Bisa juga terjadi karena aktivitas lain dimana tangan menopang atau memegang suatu benda terlalu lama. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini:

• Segera posisikan tangan pada posisi yang nyaman.

• Jika kesemutan terjadi pada tangan kiri maka jentikkanlah dengan sekuat tenaga jempol kaki kanan. Lakukan hal yang sebaliknya jika terjadi pada tangan kanan.

• Setelah Anda melakukan hal di atas, tangan Anda akan terasa seperti tertusuk – tusuk dan ketika tangan dipindahkan akan terasa kebas. Cukup diamkan hingga rasa kebas menghilang perlahan.

Kesemutan pada kaki

Seperti kesemutan pada tangan, kesemutan pada kaki juga disebabkan karena terhambatnya aliran darah ke syaraf kaki. Kesemutan yang terjadi di kaki biasanya karena Anda terlalu lama duduk bersila atau ketika kaki tertindih terlalu lama. Untuk mengatasinya, ada tips yang bisa Anda praktikkan, diantaranya adalah:

• Segera posisikan kaki dalam keadaan nyaman

• Jika kesemutan terjadi pada kaki kiri maka jentikkanlah dengan sekuat tenaga jempol tangan kanan. Lakukan hal yang sebaliknya jika terjadi pada kaki kanan.

• Setelah Anda melakukan hal di atas kaki Anda akan terasa seperti tertusuk – tusuk dan ketika
kaki dipindahposisikan akan terasa kebas. Cukup diamkan hingga rasa kebas menghilang perlahan.

Itu tadi beberapa tips untuk meringankan dan juga menghilangkan gejala kesemutan yang biasanya seringkali terjadi dan cukup mengganggu. Ok kan? []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.