cotton buds
Foto : Hello Sehat

Keseringan Membersihkan Telinga dengan Cotton Buds Ternyata Berbahaya, Ini Faktanya

Untuk membersihkan telinga sehari-hari, kebanyakan dari kita selalu menggunakan cotton buds atau korek telinga untuk membersihkannya.

Namun, ternyata cotton buds atau korek telinga yang sering kita pakai itu berbahaya, dan tidak disarankan oleh para ahli digunakan untuk membersihkan area bagian dalam telinga.

Bukan dampak positif dari penggunaan korek telinga yang kita pakai, namun ternyata banyaknya dampak negatif dari penggunaan korek telinga tersebut yang sering tak kita sadari karena sudah biasa menggunakan alat ini untuk membersihkan kotoran di telinga.
Ini dia dampak negatif dari penggunaan korek telinga yang biasa kita pakai.

1. Mengorek telinga berisiko merusak gendang telinga, merusak tulang rawan dan menyebabkan infeksi
Membersiihkan telinga dengan korek telinga memang memberikan sensasi nikmat. Namun, dibalik sensasi nikmat tersebut ada hal negatifnya. Karena senasi nikmat yang dirasa tersebut, sehingga seringkali membuat orang jadi sering kebablasan membersihkan telinga hingga masuk terlalu dalam dan berisiko menusuk gendang telinga, merusak tulang rawan dan menyebabkan infeksi.

2. Mengganggu proses pelepasan kulit mati dan mengakibatkan produksi kotoran telinga bertambah banyak
Saat berusaha membersihkan telinga dengan korek telinga, ternyata aktivitas tersebut justru mengganggu proses alami pergantian kulit. Bukannya bersih, justru kotoran telinga malah akan bertambah banyak.

3. Korek telinga dapat mengakibatkan telinga malah semakin tersumbat
Dilansir dari kompas.com, penggunaan korek telinga untuk membersihkan telinga justru memicu kotoran semakin masuk ke dalam telinga dan berisiko menumpuk di bagian dalam sehingga semakin sulit dibersihkan.

Ketua American Academy of Otolaryngology, Dr Seth Schwartz mengatakan, secara tidak sadar, banyak orang yang mengorek telinga terlalu dalam sehingga serumen justru bisa semakin terdorong lebih dalam ke saluran telinga. Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa selama ini orang-orang berpikir adanya kotoran telinga merupakan tanda tubuh tidak bersih.

Serumen atau lilin telinga adalah kotoran telinga berwarna kuning dan berminyak yang biasanya ingin kita bersihkan dengan korek telinga karena kelihatan kotor dan menjijikan. Terlihat tidak bermanfaat, tapi sebenarnya serumen ini berfungsi untuk melembabkan bagian dalam telinga dan mencegah benda-benda asing seperti debu dan serangga masuk lebih dalam ke telinga.

Selain cotton bud atau korek telinga, ternyata ear candle dan stik pembersih telinga dari besi juga tidak disarankan untuk membersihkan telinga.Hal tersebut dikarenakan risikonya yang terlalu tinggi untuk mencederai telinga. []


Artikel Terkait :

About Nuryani

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *