Unik, Informatif , Inspiratif

Ketika Harapan dan Kecemasan Disatukan Saat Berdoa

0

Allah menjelaskan dalam Al-Quran tentang sikap orang-orang yang saleh dalam berdoa, “Bahwasanya mereKa adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam mengerjahan perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka berdoa kepada Kami dengan harap dan cemas.” (al-Anbiyaa’: 90)

Dari surah tersebut, dikatakan kata harap dan cemas. Lalu, bagaimana bisa menggabungkan dua sikap harapan dan kecemasan dalam melakukan doa?

BACA JUGA: Terdzalimi, Bolehkah Mendoakan Keburukan?

Sebenarnya, yang dimaksud harapan dalam berdoa yaitu selalu menuju kepada Allah dengan perasaan khusyuk dan pasrah. Ini sikap yang awet untuk menjalin hubungan manusia kepada Allah.

Apabila melakukan kebajikan, dia mohon kepada Allah agar menerima-Nya. Apabila mengerjakan amal saleh, dia mohon agar dikaruniai keberkahan.

Apabila mendapat kesulitan, dia mohon agar diringankan. Apabila memperoleh kebaikan, dia bersyukur dan memohon agar tidak dijadikan fitnah.

Apabila melangkahkan kaki, dia mohon agar diberi taufik. Apabila mengambil keputusan, dia mohon agar tidak menzalimi. Begitu seterusnya, dia bersama Allah, mengharap ridha dan mengikuti tuntunan-Nya.

Sedang pengertian cemas yaitu takut kepada Allah, beriman kepada kekuatan dan kodrat-Nya. Doa dengan cemas membuatnya ingat kepada yang hidup dan ingat kepada yang menguasai segala kekuasaan.

Dia yakin pula bahwa Allah selalu mengawasi dan tidak pernah lengah atau tidur. Dia tidak akan mampu menipu Allah. Sebenarnya dia menipu dirinya sendiri. Dia lupa bahwa Allah memiliki segalanya dengan tanpa batas dan ikatan.

BACA JUGA: Hikmah di Balik Perintah Saling Mendoakan Saat Bersin

Begitu juga jika menipu sesama manusia. Dia mengira akan memperoleh kemenangan serta sukses. Sebenarnya dia menipu dan merugikan diri sendiri.

Semua itu karena dia tidak mengerti bahwa Allah tahu segala apa yang dia rahasiakan dan dia perbuat. []

Sumber: Buku ‘Anda Bertanya Islam Menjawab’, Oleh Prof. Dr. M Mutawalli asy-Sya’rawi


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.