Ketika Musibah Menimpa, Bolehkan Mengharapkan Kematian?

0

Musibah bisa datang menimpa siapa saja dan di mana saja. Oleh karena itu, hendaknya kita selalu siap menghadapi ujian dari Allah Azza Wajalla yang berupa musibah, dengan tak lupa mengucapkan Innalillahi Wa Innailaihi Rooji’uun. 

Tidak semua orang bisa menerika musibah dengan lapang dada. Ada yang merasa tidak sanggup ketika musibah melanda. Bahkan ada yang menginginkan mati karena merasa cobaan yang dia rasakan sangat berat. Dia pun berangan-angan, berdoa agar segera menemui ajalnya. Lantas bagaimana hukum Islam menyikapi hal ini?

BACA JUGA: Inilah Musibah Terbesar bagi Manusia yang Sering Diabaikan

Diriwayatkan dari sahabat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لاَ يَتَمَنَّيَنَّ أَحَدٌ مِنْكُمُ المَوْتَ لِضُرٍّ نَزَلَ بِهِ، فَإِنْ كَانَ لاَ بُدَّ مُتَمَنِّيًا لِلْمَوْتِ فَلْيَقُلْ: اللَّهُمَّ أَحْيِنِي مَا كَانَتِ الحَيَاةُ خَيْرًا لِي، وَتَوَفَّنِي إِذَا كَانَتِ الوَفَاةُ خَيْرًا لِي

“Janganlah salah seorang di antara kalian berangan-angan untuk mati karena musibah yang menimpanya. Kalau memang harus berangan-angan, hendaknya dia mengatakan, “Ya Allah, hidupkanlah aku jika kehidupan itu baik untukku. Dan matikanlah aku jika kematian itu baik bagiku.” (HR. Bukhari no. 6351, 5671 dan Muslim no. 2680)

Dalam hadits di atas dijelaskan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang seseorang berangan-angan agar mati. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَا يَتَمَنَّى أَحَدُكُمُ الْمَوْتَ، وَلَا يَدْعُ بِهِ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَهُ

“Janganlah seseorang mengharapkan kematian dan janganlah berdoa meminta mati sebelum datang waktunya.” (HR. Muslim no. 2682).

Dari dua hadits di atas dapat dipahami bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang berangan-angan mati dalam pikiran dan juga berdoa (dengan diucapkan) meminta kematian.

BACA JUGA: Indonesia Berada di Jalur Cincin Api, Anugerah atau Musibah?

Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata,

لَوْلاَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَانَا أَنْ نَدْعُوَ بِالْمَوْتِ لَدَعَوْتُ بِهِ

“Jika bukan karena aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang kita untuk berdoa meminta kematian, niscaya aku akan memintanya.” (HR. Bukhari no. 7234).

Apapun cobaan yang mendera, sebaiknya kita menerima dan bertawakal hanya kepada Allah Subhanallahu Wataa’la. Karena Allah tidak akan memberikan cobaan kepada manusia melebihi kesanggupannya. []

SUMBER: MUSLIM OR ID

Artikel Terkait :

Kamu Sedang Offline