sedekah, hikmah, sedekah salah alamat
Foto: Konsultasi Syariah

Ketika Sedekah Salah Alamat

Sedekah lebih luas dibandingkan zakat maupun infak. Sedekah harus dilakukan dengan niat karena Allah SWT.

Adapun 3 macam sedekah ialah sedekah jariyah yang mana nantinya kebaikan (pahala dari sedekah itu) akan terus dirasakan hingga orang yang bersedekah tersebut meninggal. Adapula sedekah sembunyi-sembunyi dan sedekah kepada kerabat.

BACA JUGA: Pandangan soal Pajak dan Zakat

Tapi, apa jadinya bila sedekah salah alamat. Kisah ini diceritakan oleh Abu Hurairah dari sabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam dalam Hadits riwayat Bukhari.

Ada seseorang yang mengatakan jika ia akan bersedekah. Hingga akhirnya  dia pergi membawa sedekahnya itu. Tapi dia malah memberikan sedekah kepada pencuri. Orang-orang pun ramai membicarakannya.

“Ya Allah, bagi-Mu segala puji. Sungguh aku akan bersedekah,” itulah yang keluar dari mulutnya.

Setelah itu ia pergi membawa sedekah lainnya dan meletakkan ditangan wanita penzina. Esok harinya kejadian yang sama ia alami. Orang-orang membicarakannya akibat sedekahnya yang selalu jatuh pada tangan yang kurang tepat menurut mereka.

Kali kedua ia dibicarakan orang maka ia berkata, “Ya Allah, bagi-Mu segala puji. Sedekahku jatuh ditangan wanita pezina.”

Sampai pada kaliketiga ia membawa sedekahnya dan ia berikan pada orang kaya. Kejadian serupa terjadi lagi. Mereka membicarakannya karena bersedekah pada orang yang kaya.

BACA JUGA: Bersedekahlah, Maka Kau Akan Kaya

Meski setiap kali ia bersedekah kepada orang yang kurang tepat menurut pandangan orang lain. Tapi, ia berkata, “Ya Allah, bagi-Mu segala puji. Kepada pencuri, wanita pezina, dan orang kaya.”

Lalu dia didatangi dalam mimpi, dan dikatakan kepadanya (orang yang bersedekah itu), “Adapun sedekahmu kepada pencuri, semoga itu membuatnya insyaf dari mencuri. Adapun wanita pezina, semoga itu membuatnya sadar dari zinanya. Adapun orang kaya, maka semoga dia mengambil pelajaran dan dia berinfak dari apa yang Allah berikan kepadanya.”

Sumber: Kitobul Aqdhiyah, bab anjuran kepada hakim mendamaikan kedua pihak yang berselisih


Artikel Terkait :

About Dini Koswarini

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *