Pemilihan Kepala Daerah

Ketua Bawaslu: Jika tidak Ada Anggaran, Pilkada di Daerah Ini Terancam Batal

INSPIRADATA. Pesta demokrasi di daerah akan berlangsung kembali pada tahun 2018 mendatang. Selain memilih Gubernur dan wakilnya, 16 kabupaten dan kota juga akan menggelar pemilihan kepala daerah. Tapi, ada beberapa kendala yang dihadapi oleh perangkat pilkada, salah satunya terkait dana. Yang akan terkena dampaknya ada sekitar 10 kabupaten/kota, dampak tersebut adalah gagalnya pilkada yang dilaksanakan di kabupaten/kota tersebut. Demikian disitat dari Okezone, Jumat (5/5/2017).

Sedangkan sejauh ini, baru Pilgub Jawa Barat yang aman secara anggaran, karena mendapat sokongan dana dari Pemprov Jawa Barat. Sementara, kabupaten/kota yang sudah dan siap mengucurkan dananya untuk pilkada baru ada enam daerah. Keenam daerah itu adalah Kabupaten Bogor, Kabupaten Subang, Kabupaten Bandung, Kota Bogor, Kota Bandung, dan Kota Bekasi.

“Sisanya, yang 10 kabupaten/kota menurut Bawaslu menjadi hal serius,” kata Ketua Bawaslu Jawa Barat, Harminus Koto kepada pers di Kota Bandung, Kamis (4/5/2017).

Harminus pun menambahkan, anggaran yang diusulkan oleh Bawaslu kepada pemerintah daerah setempat, belum dapat menutupi anggaran. Mereka mengklaim hanya bisa menyanggupi sebagian anggaran. Bahkan, jumlah anggaran yang sanggup disediakan pemerintah daerah banyak yang jauh dari usulan.

“Kalau tidak ada anggaran (untuk Bawaslu), kita tidak bisa mengawasi. Berarti pilkada serentaknya tidak bisa dijalankan,” tegasnya.

Ia juga mengatakan, anggaran yang diusulkan Bawaslu kepada pemerintah daerah setempat akan dipakai untuk segala hal terkait pengawasan pilkada serentak. Jika anggaran tidak dipenuhi pemerintah daerah sesuai usulan, maka pengawasan otomatis tidak bisa dilakukan.

“Kalau memang tidak ada anggaran, kita tidak akan tanggung jawab untuk pemilu di 10 daerah itu. Bawaslu tidak punya dana operasional untuk kegiatan pengawasan,” cetusnya.

“Pemilu bisa cacat hukum (jika dipaksakan tanpa pengawasan Bawaslu) karena pemilu wajib diawasi Bawaslu. Kalau tidak diawasi, sah apa tidak,” tegas Harminus.

Untuk total sendiri, anggaran Bawaslu di 16 kabupaten/kota di Jawa Barat mencapai Rp 165 miliar lebih. Sementara ketersediaan anggaran di kabupaten/kota baru Rp103 miliar. Masih kurang Rp61,4 miliar lagi.

10 kabupaten/kota yang pilkada serentaknya terancam batal diantaranya, Kabupaten Garut, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Purwakarta, Kota Sukabumi, Kota Cirebon, Kota Banjar. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *