Unik, Informatif , Inspiratif

Ketua Perhepi: Impor Bukan Satu-satunya Faktor Perusak Kesejahteraan Petani

0

JAKARTA–  Ketua Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia (Perhepi) Bayu Krisnamurthi angkat bicara perihal polemik impor di Indonesia yang sering muncul jelang Pemilihan Presiden.

Krishna menjelaskan,  pada dasarnya persoalan impor tidak dapat dielakkan bagi siapapun presidennya.

BACA JUGA: Sebut Pemerintah Tak Bela Rakyat, Prabowo: Petani Lokal Panen, Impor Dibuka

Karena menurutnya, dalam perdagangan internasional, ekspor impor adalah dua hal yang tidak bisa hapus salah satunya.

“Saya kira, impor tidak bisa dihindari di sampingnya kita ingin ekspor. Kalau kita mau ekspor, berarti ada negara lain yang impor,” ujarnya, pada Kamis (14/02/ 2019).

Krishna juga mengungkapkan, meski mpor adalah sesuatu yang wajar dilakukan oleh suatu pemerintahan itu bukan berarti impor tersebut dilakukan secara serampangan tanpa memperhatikan produsen domestik, dalam hal ini adalah para petani.

“Nah kalau impor, impor banyak, kesejahteraan petani yang kena. Bagaimana kita bisa tetap impor, penuhi impor, tetapi tidak mengganggu kesejahteraan petani,” tegasnya.

Namun begitu, dia menegaskan, impor juga bukan satu-satunya faktor yang dapat merusak kesejahteraan petani, karena terganggunya pasar produksinya. Melainkan, kesejahteraan tersebut juga dapat rusak bilamana pemerintah acuh terhadap produktivitas petani, tanpa mendorong efisiensi produksinya.

BACA JUGA: Wacana Ahok Jadi Timses Jokowi, TKN: Beliau Ada Urusan di Luar Negeri

“Jadi, saya pikir, kita tidak lagi di zaman yang harus menjadi impor phobia, takut sama impor. Saya malah khawatir, kalau ada yang terlalu bersemangat janjikan impor, malah menurut saya itu tidak realistis,”  tandasnya. []

SUMBER: VIVA.CO.ID


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline