Unik, Informatif , Inspiratif

Keutamaan-keutamaan Berwudhu, Ini Dia

0

Pengertian tentang Wudhu menurut Bahasa adalah Bersih dan Suci, dan Pengertian Wudhu menurut Syariah Islam atau menurut Istilah adalah Bersuci untuk menghilangkan Hadats Kecil menggunakan Air Yang Suci Lagi Mensucikan ke Anggota Badan tertentu dengan cara yg tertentu. Dan Wudhu ini termasuk kedalam Syarat Sah mengerjakan Shalat.

Firman Allah SWT tentang perintah berwudhu bagi setiap orang yang beriman saat mereka akan melakukan shalat telah dijelaskan dalam Al-Qur’an. “Hai Orang2 yg beriman, apabila km akan menunaikan Shalat maka Basuhlah Mukamu dan tangan-mu sampai dg Siku, dan Sapulah Kepala Mu dan Basuh Kakimu sampai dg Kedua Mata Kaki, dan jika km Junub maka Mandilah, dan jika km Sakit ataupun dlm perjalanan atau kembali dari tempat Buang Air (Kakus) ataupun menyentuh Perempuan, lalu km tak mendapatkan Air, maka Bertayamumlah dg Tanah yg Baik (Bersih), Sapulah Muka-mu dan tangan-mu dg Tanah itu…. (QS. Al-Ma’idah, Ayat : 6) ”.

Lalu Perintah Melakukan Wudhu Sebelum Shalat juga telah dijelaskan di banyak Hadits Shahih dan yang pertama dari Abu Hurairah Ra berkata, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda berbunyi : ” Tidak akan diterima Sholat salah seorang darikalian apabila Dia Berhadats sampai dia melakukan Wudhu ”.

Hadits Shahih Kedua dari Ibnu Umar Ra berkata, sesungguhnya Aku mendengar Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda : ” Allah tidak akan menerima Shalat yg dilakukan tanpa Bersuci… ”. Hadits Ketiga dari Ibnu Abbas Ra berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : ” Sesungguhnya Aku sdh diperintahkan oleh Allah SWT untuk Berwudhu, ketika Aku hendak Shalat ”.

Dengan melihat Firman Allah SWT dan Sabda Nabi Muhammad SAW diatas maka sudah bisa disimpulkan bahwa Berwudhu sebelum melakukan Shalat, baik itu Shalat Wajib Lima Waktu maupun Shalat Sunnah itu sangatlah penting karena Wudhu merupakan termasuk kedalam salah satu Syarat Sah Mengerjakan Shalat.

Berikut ini manfaat-manfaat dalam berwudhu

1.Anggota Wudhu Memancarkan Cahaya

Sabda Nabi Muhammad SAW yang ditulis didalam Hadits Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim yang menjelaskan bahwa Anggota Tubuh yg terkena Basuhan Air Wudhu akan Bercahaya dan Sabda Nabi Muhammad SAW tersebut berbunyi: ” Sesungguhnya umatku akan dipanggil pada hari kiamat nanti dalam keadaan dahi, kedua tangan dan kaki mereka bercahaya karena bekas wudhu (HR. Bukhari Muslim) ”.

2. Menjadi salah satu dari sebab masuk surga

Manfaat yang kedua adalah menjadi salah satu sebab kita masuk ke dalam Jannah (Surga) yang telah dijelaskan dalam riwayat Bukhari, dari Abu Hurairah RA bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda pada bilal saat waktu shalat fajar berbunyi. “Wahai Bilal, ceritakan-lah kepadaku amal apa yg paling kau harapkan yg telah Km lakukan didalam Islam, karenanya aku mendengar suara kedua sandalmu di Surga ”. Lantas Bilal menjawab: ” Tidak ada amalan yg paling Aku harapkan selain bahwa setiap kali Aku Bersuci (Berwudhu) pada Waktu Malam atau Siang kecuali aku melanjutkan-nya dg Shalat yang Aku sanggupi (HR. Bukhari) ”.

3. Allah akan membuatkan sebuah rumah di surga

Lalu Manfaat Menjaga Wudhu Ketiga adalah akan dibangunkan Rumah di Jannah (Surga) oleh Allah Subhanahu wa ta’ala sehingga sangatlah beruntung sekali Setiap Muslim – Muslimah yang selalu menjaga Wudhunya. Keutamaan Menjaga Wudhu ini telah dijelaskan didalam Hadits Shahih Riwayat Ahmad, bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda yg berbunyi: ” Tak seorang hamba Muslim pun yang Berwudhu lalu menyempurnakan Wudhu-nya, lalu Shalat dengan ikhlas karena Allah setiap hari 12 rokaat, melainkan Allah pasti akan membangunkan baginya sebuah rumah di Surga (Hadits Riwayat Ahmad) ”.

4. Allah akan menghapus dosa-dosa

Allah SWT aan mengangkan derajatnya bagi seorang muslim yang menjaga wudhu. Nabi Muhammad SAW bersabda: ” Maukah Kalian Aku tunjukan tentang Amalan yg dengannya Allah SWT akan menghapuskan Dosa – Dosa dan akan mengangkat Derajat – Derajat ? ”. Mereka berkata ” Mau, Wahai Rasulullah ”. Lantas Rasulullah SAW bersabda, ” Amalan itu ialah menyempurnakan Wudhu di Waktu yg tak menyenangkan, banyak-nya langkah menuju Masjid dan menunggu Shalat sesudah menunaikan Shalat. Itulah Pos Penjagaan (Hadits Riwayat Muslim, nomor 586) ”.

5. Sebagian dari iman

Lalu Keutamaan Wudhu Yang Kelima adalah sebagai Pertanda Keimanan seorang Muslim – Muslimah. Dalam sebuah Hadits Riwayat Muslim mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda berbunyi : ” Bersuci (Berwudhu) ialah Separuh Iman. Alhamdulillah akan memenuhi Timbangan (Mizan). Subhanallah Wal Hamdulillah akan memenuhi antara langit dan bumi. Shalat adalah Cahaya, Sedekah adalah Tanda. Kesabaran adalah Sinar. Al-Qur’an adalah Pembeda (Hujjah) bagi Km atau Hujatan Atasmu. Setiap orang keluar di Waktu Pagi, maka ada yg menjual diri-nya, lalu membebaskan-nya maupun membinasakan-nya (Muslim dlm Ath-Thoharoh) ”. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.