Unik, Informatif , Inspiratif

Keutamaan Meluruskan Shaf

0

Shalat merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim. Allah menganjurkan kita sebagai umat muslim untuk shalat 5 waktu, dimana hal tersebut memberikan manfaat bagi kita.

Shalat lebih baiknya dilaksanakan tepat waktu, karena memang kita tidak diperbolehkan menunda-nunda shalat.

Apabila kita melaksanakan shalat di masjid, jikalau shaf shalatnya masih belum sempurna alias belum lurus. Tahukah anda, jika hal tersebut bukanlah kebiasaan yang baik.

Berikut ini akan dibahas mengenai 5 keutamaan meluruskan shaf shalat.

1. Melaksanakan Perintah Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam.

Rasulullah adalah suri tauladan yang baik bagi setiap manusia. Apabila jamaah shalat meluruskan shaf shalat, maka mereka telah melaksanakan perintah dari Rasulullah SAW karena meluruskan shaf shalat termasuk sunnah Nabi SAW, dan kita sebagai umatnya senantiasa mengerjakannya pada saat shalat berjamaah.

Seperti pada ayat Al Qur’an berikut ini. Dan apa yang diberikan Rasul kepadamu, maka terimalah. “Dan apa yang dilarangnya bagimu, maka tinggalkanlah. Bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah amat keras hukuman-Nya. (QS. al-Hasyr/ 59: 7).”

2. Mendapatkan Rahmat Dari Allah SWT

Dari Abdullah bin Umar bahwasanya Rasulullah Shallalahu alaihi wa sallam bersabda, “Tegakkan shaff-shaff, sejajarkan pundak-pundak, tutuplah celah-celah, lunakkanlah (bahu kalian) di antara tangan-tangan saudara kalian dan janganlah engkau membiarkan celah-celah untuk setan. Barangsiapa yang menyambung shaff maka Allah akan menyambung (rahmat-Nya) dan barangsiapa yang memutuskan shaff maka Allah juga akan memutuskan (rahmat-Nya)”. [HR Abu Dawud: 666 dan an-Nasa’iy: II/ 93. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: Shahih] Baca juga Amalan yang Memudahkan Wanita Masuk Surga

Jika kita sebagai umat muslim Menyambung shaff akan membawa kita kepada berbagai kebaikan. Dan di antara keutamaan dari merapatkan dan meluruskan shaff adalah mendapatkan rahmat dari Allah SWT, dan itu adalah keutamaan yang baik bagi umat muslim.

3. Mendapatkan Shalawat dari Allah SWT dan Para Malaikat

Sangat besar manfaat meluruskan shaff, bahkan diantaranya adalah kita mendapatkan shalawat dari Allah dan para malaikat.

Dari Aisyah radliyallahu anha dari Rosulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya mengucapkan sholawat kepada orang-orang yang menyambung shaff’. [HR Ahmad: VI/ 89, Ibnu Majah: 995, Ibnu Hibban: 2163 dan al-Hakim: 806. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: Shahih].

4. Mendapatkan Pahala Kebaikan

Melangkahkan kaki menuju shaff yang kosong ketika shalat sesungguhnya akan mendapatkan pahala kebaikan atas tindakannya tersebut.

Dari Abdullah bin Umar radliyallahu anhuma berkata, telah bersabda Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam, “Sebaik-baik kalian adalah yang paling lunak bahunya di dalam sholat. Tidak ada langkahan (kaki) yang lebih besar pahalanya dibandingkan dari langkahan kaki yang dilangkahkan oleh seseorang ke sebuah celah di dalam shaff lalu ia menutupinya (mengisinya)”. [HR al-Bazzar, Ibnu Hibban dan ath-Thabraniy. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: Hasan].

5. Menyempurnakan Shalat

Ketika shalat kita sudah mendapatkan pahala, apalagi jika tindakan kecil yang kita lakukan untuk mengisi shaff yang kosong akan menambah kesempurnaan shalat kita.

Dari Anas bin Malik radliyallahu anhu berkata, bahwasanya Rosulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Luruskan shaff-shaff kalian, karena sesungguhnya lurusnya shaff-shaff itu termasuk dari kesempurnaan sholat”. [HR al-Bukhoriy: 723, Muslim: 433, Abu Dawud: 668, Ibnu Majah: 993 dan Ahmad: II/ 177. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: Shahih].

Nah begitu besar keutamaan meluruskan shaf shalat. Maka ketika kita melihat saudara kita tak lurus shafnya, beritahu dia untuk meluruskan shalatnya.[]


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.