Unik, Informatif , Inspiratif

Keutamaan Menutupi Aib Orang Lain

0

Setiap orang tak akan luput dari salah dan dosa yang dapat menjadi aib baginya. Dan tidak jarang kesalahan tersebut diketahui oleh orang lain, seperti teman atau saudara.

Namun, ternyata tidak semua orang bisa menyimpan rahasia mengenai aib yang dilakukan oleh orang lain dengan baik. Di antara mereka ada yang malah menjadikan aib saudaranya sebagai bahan pembicaraan ketika berkumpul dengan orang banyak.

Padahal dalam Islam, kita tidak diperbolehkan membuka aib orang lain. Kita dianjurkan untuk menjaga aib sesama. Sesungguhnya, ada keutamaan yang akan diperoleh jika kita menutupi aib orang lain. Keutamaan apa saja yang akan diperoleh tersebut? Berikut ringksannya.

BACA JUGA: Semua Orang Pasti Punya Aib

1. Allah akan Menutupi Aibnya di Akhirat Kelak

Keutamaan pertama yang akan diperoleh orang yang senantiasa menutupi aib orang lain ialah Allah SWT akan menutupi aib orang tersebut di akhirat kelak. Hal ini sesuai dengan hadist Rasulullah SAW. Beliau bersabda:

“Tidaklah seseorang menutupi aib orang lain di dunia, melainkan Allah akan menutupi aibnya di hari kiamat kelak.” (HR. Muslim)

Namun hal sebaliknya akan terjadi apabila orang tersebut mengumbar aib saudaranya. Allah SWT akan membuka aib orang itu bahkan hingga aib rumah tangganya. Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa yang menutupi aib saudaranya muslim, Allah akan menutupi aibnya pada hari kiamat, dan barang siapa mengumbar aib saudaranya muslim, maka Allah akan mengumbar aibnya hingga terbukalah kejelekannya di dalam rumahnya.” (HR. Ibnu Majah)

2. Allah Menutupi Aibnya di Dunia

Tidak hanya mendapat keutamaan ketika di akhirat kelak. Ternyata keutamaan menutupi aib orang lain juga akan diperoleh ketika ia masih hidup di dunia. Rasulullah SAW bersabda:

“Barang Siapa menutupi aib seorang muslim, maka Allah akan menutupi aib orang tersebut di dunia dan akhirat.” (HR. Ibnu Majah)

BACA JUGA: Bersyukurlah, Allah Masih Menutupi Aib Kita

“Barangsiapa yang meringankan (menghilangkan) kesulitan seorang muslim kesulitan-kesulitan duniawi, maka Allah akan meringankan (menghilangkan) baginya kesulitan di akhirat kelak. Barangsiapa yang memberikan kemudahan bagi orang yang mengalami kesulitan di dunia, maka Allah akan memudahkan baginya kemudahan (urusan) di dunia dan akhirat. Dan barangsiapa yang menutupi (aib) seorang muslim sewaktu di dunia, maka Allah akan menutup (aibnya) di dunia dan akhirat. Sesungguhnya Allah akan senantiasa menolong seorang hamba selalu ia menolong saudaranya.” (HR. Tirmidzi). Allahu ‘Alam Bisshawab. []

SUMBER: INFOYUNIK


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.