Berlaku Adil dan Jujur

Kewajiban Berlaku Adil dan Jujur

timbanganINSPIRADATA. Berlaku adil dan jujur diperintahkan kepada seluruh umat manusia. Kedua sikap ini merupakan amanah yang akan dipertanggungjwabkan oleh setiap insan di hadapan Allah SWT kelak.

Adapun perintah berlaku adil dan jujur dalam Islam, sebagai berikut:

1. Perintah Berlaku Adil
“ Dari Ibnu Umar r.a.dari Nabi SAW.bersabda, ‘ Orang yang berperilaku adil akan berada di sisi Allah pada hari kiamat. Ia duduk di atas mimbar cahaya yang bersinar di sebelah kanan Arasy, yaitu mereka yang adil dalam menghukum, adil terhadap keluarga, dan terhadap sesuatu yang menjadi tanggungannya.” ( H.R Ibnu Abu Syabah, Muslm, Nasa, dan Baihaqi)

Allah SWT akan meninggikan derajat orang-orang yang berlaku adil kelak di akhirat, yaitu diposisikan di atas mimbar yang terbuat dari cahaya dan berada di sebelah kanan Arasy Allah. Islam sangat memerintahkan umatnya untuk berlaku adil terhadap dirinya sendiri yaitu, dengan cara menyeimbangkan antara haknya sendiri, hak kepada Allah SWT dan haknya kepada orang lain.

“ Sesungguhnya untuk tubuhmu kamu punya hak (untuk beristirahat), dan sesungguhnya bagi kedua matamu punya hak dan kepada keluargamu kamu punya hak, dan untuk orang yang menziarahi kamu juga mempunyai hak.” (H.R Mutafaq ‘Alaih).

2. Perintah Berlaku Jujur

“ Dari Ibnu Mas’ud r.a ia berkata, Rasulullah saw.telah bersabda, sesungguhnya kejujuran itu menuntut kearah kebaikan dan kebaikan menuntut ke surga dan sesungguhnya seseorang suka berbuat jujur ia dicatat di sisi Allah SWT sebagai siddiqan (orang jujur). Adapun kebohongan itu menuntut kearah keburukan dan keburukan menuntut ke neraka. Sesungguhnya seseorang yang suka berbohong ia dicacat di sisi Allah SWT sebagai kizaban (pembohong)”. H.R Mutafaq ‘Alaih

Dalam hadist di atas dijelaskan agar tidak berlaku bohong. jujur merupakan salah satu sifat dari dari seorang mukmin. Kejujuran akan mengantarkan pelakunya pada kebaikan, sedangkan kebohongan akan mengantarkan pada keburukan.

Sumber: https://plus.google.com/100276113144101554164/posts/cmgQGB9BhqR


Artikel Terkait :

About Tia Apriati Wahyuni

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *