Unik, Informatif , Inspiratif

Kipas Angin Anda Rusak? Perbaiki Yuk!

0 75

 

Bagi banyak orang, keberadaan kipas angin tentu sangat bermanfaat. Tapi bagaimana jika ternyata kipas angin yang kita punyai bermasalah?

Sebelum dibawa ke tukang service, mungkin ada baiknya Anda coba perbaiki sendiri dulu.

Yang pertama harus Anda lakukan adalah cobalah untuk mengenal bentuk kerusakan kipas angin.

Berikut bentuk-bentuk kerusakkan yang terjadi pada kipas angin dan cara mengatasinya :

1. Kipas angin tidak bisa berputar dan terdengar suara dengung di dalam kipas atau kipas angin berputar tapi sangat lambat.

BACA JUGA: Istri Bagai Kipas Angin

Masalah ini terjadi karena bushing / bearing yang berada didalam kipas mengalami kerusakkan. Bushing yang sudah rusak biasanya tidak bisa lagi diperbaiki dikarenakan pengunci penutup bushing telah patah sehingga kita harus menggantinya dengan yang baru. Harga bushing dipasaran sekitar lima belas ribu rupiah. Berikut bentuk bushing yang sudah rusak dan yang masih bagus:

Di dalam kipas angin bushing berfungsi untuk tempat kedudukan as kipas. Jika kedudukan ini tidak bagus maka sudah dipastikan kipas tidak akan bisa berputar dengan baik atau bahkan tidak bisa berputar sama sekali. Kerusakkan yang terjadi pada bushing biasanya diakibatkan karena kehausan. Selain itu juga karena getaran keras.

Getaran ini tejadi pada saat kipas berputar kita kita memposisikan arah angin pada kipas dengan tidak benar atau kasar mengakibatkan as berputar kurang stabil dan terjadi gesekan pada pengunci penutup bushing sehingga pengunci akan bisa patah. Untuk itu jika mengatur kemana arah angin pada kipas sebaiknya melakukanya dengan lembut.

Cara mengganti bushing kipas angin:
1. Buka semua cover atau penutup kipas.
2. Lepaskan ke empat baut yang berada dibagian belakang (dekat kumparan).
3. Keluarkan bushing yang rusak dan ganti dengan yang baru.
4. Setelah selesai pasang ke empat baut dan pasang baling-baling.
5. Coba dulu tes hidupkan kipas.
6. Jika sudah ok, pasang kembali semuanya.
7. Selesai.

Tambahan : Jika kipas angin berputar tapi lambat juga bisa disebabkan oleh debu yang sudah menumpuk terlalu banyak jadi bersihkan lah debu tersebut sebelum memastikan kerusakkan pada bushing.

2. Kipas angin tidak bisa berputar dan tidak ada suara dengung di dalam kipas.

Pada kasus ini bisa dipastikan sekring (fuse) yang berada di dalam kipas telah putus. Sekring adalah suatu komponen pengaman dalam peralatan elektronik. Jika diaplikasikan pada kipas angin sekring berfungsi sebagai pengaman dari panas yang berlebihan sehingga akan melindungi kumparan supaya tidak terbakar. Sekring akan memutuskan dirinya jika kondisi kumparan terlalu panas begitulah cara kerja dari sekring. Sekring yang berukuran kecil ini berada sangat dekat dengan kumparan.

Untuk memastikan sekring rusak atau tidaknya bisa dilakukan dengan cara mengukur menggunakan multitester. Cara mengukurnya cukup menghubungkan kedua ujung sekring ke mulitester dengan satuan Ohm. Jika terdapat nilai atau jarum bergerak pada maka sekring masih bagus dan sebaliknya jika tidak ada nilai atau jarum tidak bergerak sama sekali berarti sekring sudah rusak maka anda harus mennggantinya dengan yang baru. Harga sekring di pasaran cukup murah tidak sampai seribu rupiah.

BACA JUGA: Di Balik Penggunaan Kipas Angin saat Tidur

Jika tidak ada multitester untuk mengukurnya anda masih bisa mengecek sekring dengan cara melepaskan sekring dan menghubungkan kabel tanpa sekring. Jika kipas berputar berarti sekring rusak dan sebaliknya jika kipas tidak mau berputar berarti sekring masih bagus.

Cara mengganti fuse / sekring:
1. Buka cover bagian belakang.
2. Cari sekring yang berada di dekat kumparan seperti gambar diatas (lakukan hal ini dengan hati-hati jangan sampai kabel lain terputus).
3. Untuk memastikan sekring rusak, lepas sekring dan hubungkan kabel secara langsung.
4. Jika kipas hidup berarti sekring memang rusak, silahkan ganti dengan sekring baru.
5. Setelah selesai rapikan kembali semua kabel dan pasang cover bagian belakang.
6. Selesai. []

Sumber: http://gividia.blogspot.com/2015/03/memperbaiki-kipas-angin-miyako-kecil.html

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline