Foto: RZ

Kisah Abu Hurairah Lari Kalangkabut Saat Hendak Ditemui Rasulullah

Foto: RZ

INSPIRADATA. Abu Hurairah. Sahabat Rasul yang bernama asli Abdurrahman bin Shakhr ini cukup populer di kalangan umat Islam.

Ia adalah sahabat yang gigih dalam belajar dan senantiasa menyertai Rasulullah, meski ia hanya kurang dari empat tahun bersama Rasulullah.

Suatu hari dikisahkan Abu Hurairah lari kalangkabut saat melihat Rasulullah. Ia berlari menghindar saat utusan Allah itu hendak menghampirinya.

Namun pada akhirnya dalam beberapa saat Abu Hurairah tetap menemui beliau.

“Di mana kau tadi Abu Hurairah?” tanya Nabi.

“Tadi aku dalam kondisi junub hingga membuatku tak enak duduk-duduk bersamamu,” jawab Abu Hurairah.

Rupanya sahabat Nabi yang satu ini buru-buru kabur untuk menunaikan mandi jinabat, menghilangkan hadats besar yang ditanggungnya.

Rasulullah segera membalas, “Subhanallah, sesungguhnya orang mukmin (dalam riwayat lain memakai redaksi ‘muslim’) tidak najis.”

Demikianlah adab Abu Hurairah kepada Rasulullah sebagaimana diceritakan dalam hadits shahih riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim.

Sikap Abu Hurairah ini mencerminkan akhlak dan niat penghormatan yang luar biasa. Ia tak hanya ingin tampil bersih tapi juga suci saat di hadapan Nabi. Padahal, kategori suci atau bebas dari hadats adalah hal yang tak tampak secara kasat mata. []

Sumber


Artikel Terkait :

About Eki Baehaki

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *