Kisah Dr. Gina, Wanita yang Carikan Ketiga Istri untuk Suaminya

0

Poligami menjadi salah satu hal yang sering diperdebatkan di kalangan masyarakat. Padahal, agama Islam memperbolehkan praktek poligami sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Meski begitu, masih banyak wanita khususnya muslimah yang belum menerima hal tersebut.

Diperbolehkan bukan berarti tidak ada batasan. Islam telah menetapkan batasan untuk berpoligami. Allah Ta’ala berfirman:

فَانْكِحُوا مَا طَابَ لَكُمْ مِنَ النِّسَاءِ مَثْنَى وَثُلَاثَ وَرُبَاعَ فَإِنْ خِفْتُمْ أَلَّا تَعْدِلُوا فَوَاحِدَةً

“Nikahilah wanita-wanita yang kamu senangi; dua, tiga atau empat. Jika kamu tidak bisa berlaku adil, maka nikahilah satu orang saja,” (QS. An Nisa’: 3).

Salah satu wanita yang memperbolehkan suaminya berpoligami adalah Dr Gina Puspita. Bukan saja rela dimadu, wanita ini juga mencarikan tiga istri untuk suaminya.

Istri pertama Dr. Abdurahman Riesdam Efendi ini boleh jadi di antara sekian Muslimah yang merasakan sendiri pengalaman “dimadu”.

Wanita kelahiran Bogor 8 September 1963 ini pernah mencarikan istri kedua untuk suaminya pada tahun 1995. Sang suami kemudian menikah lagi dengan Basyiroh Cut Mutia. Selang enam tahun kemudian, Gina mencarikan lagi istri ketiga untuk sang suami, sehingga suaminya menikah dengan Siti Salwa asal Malaysia. Dan yang terakhir, suaminya menikah dengan istri keempat yakni Fatimah.

Ketiga istri muda yang dinikahi suaminya merupakan pilihan Gina alias sang istri pertama Abdurahman. Tak seperti dugaan aktivis perempuan selama ini, di mana poligami dianggap begitu rendah dan rawan konflik. Mereka berempat justru sangat rukun dan bahagia. Bahkan bekerja di kantor yang sama dan tinggal seatap, di Taman Rempoa Indah, Ciputat, Tangerang.

Rela dipoligami bukan berarti karena faktor ekonomi. Justru Gina adalah seorang wanita terdidik. Ia adalah lulusan kedirgantaraan pertama Indonesia di sekolah Eropa Ecole National Superieure de l’Aeronautique et de l’Espace (Ensae), di Toulouse, Prancis.

Selain itu, ia juga pernah menjadi Kepala Departemen Structure Optimization Divisi Riset & Development IPTN (Industri Pesawat Terbang Nusantara). []

Sumber: Hidayatullah.com

Kamu Sedang Offline