gadis yatim beli alquran
Foto: Satumedia

Kisah Gadis Yatim yang Menangis karena Tak Mampu Beli Alquran di Hari Lebaran

Pada hari raya Idul Fitri, biasanya masyarakat sibuk membeli baju baru untuk dipakai di hari raya. Banyak orang tua yang menghadiahi anak-anaknya dengan baju karena berhasil berpuasa sebulan penuh.

Anak-anak tentunya akan sangat senang ketika dibelikan baju baru oleh orang tuanya. Mereka akan antusias dengan mengenakan baju baru mereka di hari lebaran.

Namun, berbeda dengan anak gadis yatim yang satu ini. Dibanding beli baju lebaran, ia lebih memilih membeli barang lainnya pada hari raya.

Gadis itu menginginkan Al-Quran karena barang itu merupakan barang yang sangat ia idamkan selama ini.

Selama ini ia sangat ingin membelinya, tapi ia tak punya uang sebesar itu. Ia pun urung membeli baju lebaran, dan beberapa makanan untuk lebaran demi membeli barang itu. Barang tersebut tak lain adalah sebuah Al-Quran.

BACA JUGA: Apa Hukumnya Muslim yang Tidak Bisa Baca Alquran?

Kisah itu dibagikan oleh pemilik akun Facebook Roel Mustafa.

Begini kisahnya:

Menangis karena ingin Al quran.

Belanja bareng yatim kemarin nyisain cerita yang selalu bikin saya menghisabi diri.

Saya dampingin 2 orang anak yatim. Namanya Sifa dan Bule.

Sifa Fauziah, usianya sekitar 14 tahun, kelas 2 SMP di Sekolah Rakyat daerah Ancol, sudah 5 tahun ayahnya meninggal, sekarang dia tinggal bersama ibu dan 1 orang adiknya, waktu belanja kemarin dia sempat nangis sambil memegang alquran,

“Syifa ko nangis?” Tanya saya

“Pengen beli Qur’an kak, tapi mahal banget” Jawab dia sambil menghapus airmata dengan kerudungnya Ternyata dia pengen banget beli Quran itu tapi harganya lumayan mahal buat dia.

“Kalo Syifa beli Qur’an berarti syifa nggak bisa beli barang lain buat ibu sama adek di rumah.. gimana ya kak, syifa bingung..?”

Syifa nggak bisa nutupin tangisnya, kerudungnya basah banget buat ngusap air matanya, ….

BACA JUGA: Dokter Amerika Masuk Islam Setelah Tahu Arti Ayat Alquran Ini

“Ahh nih anak bikin gua nangis di tempat umum…” ujar saya dalam hati.

Kalo dia beli Quran, berarti dia nggak bisa beli barang lain yang sebelumnya udah dia pilihin buat ibu dan adiknya.
Sementara di keranjang belanjanya saya liat syifa udah ngambil kue, syirup dan makanan lain yang biasa buat lebaran.

Dia jadi inget sama keluarganya yang sekarang nggak sempurna “nggak bisa kumpul kaya dulu lagi saa bapak” kata syifa

Anak ini menangis karena ingin al quran.

Kita sering menangis karena liat tetangga beli barang baru… atau lebih sering kita menangis karena dunia..

#BBYD14Kota
#SekolahRelawan
Salam satu Langit
*cuy


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *