Unik, Informatif , Inspiratif

Kisah Majikan yang Doanya Langsung Diijabah lantara Muliakan Buruh

0

Buruh bukanlah suatu hal yang hina dan patut direndahkan. Memulikan buruh dan mampu memenuhi hak-haknya dengan baik, bahkan merupakan suatu kemulian yang dapat mengantarkan seseorang kepada derajat tinggi di sisi Allah.

Bahkan, hal demikian bisa menjadikan wasilah agar terkabulkannya doa oleh Allah seperti disebutkan dalam suatu hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Anas bin Malik, tentang kisah tiga orang yang terperangkap dalam gua.

Tiga orang tersebut bertawasul (meminta pertolongan Allah) dengan amalnya masing-masing.

Setelah dua orang selesai bertawasul, tibalah saatnya orang ketiga untuk bertawasul dengan amalnya.

Saat itu si orang ketiga bercerita terkait kisahnya bersama mantan buruh yang pernah bekerja dengannya.

Orang ketiga tersebut kemudian berucap, “Ya Allah suatu hari saya mempekerjakan seseorang. Tiba-tiba ia meminta upahnya dan tak kunjung ku berikan hingga dia meninggalkan upahnya. Upah tersebut saya jadikan modal peternakan. Saat ternak itu sudah besar dan berkembang, si buruh ini datang meminta upahnya. Maka saya berikan semua peternakan itu tanpa saya sisakan sedikitpun karena itu adalah dari upahnya yang dulu. Padahal, jika saya mau, saya bisa memberikan upah sejumlah upah yang seharusnya ia dapatkan dulu.”

Kemudian orang ketiga ini pun berkata, “Ya Allah, jika engkau tahu bahwa hal yang kulakukan untuk pekerjaku itu semata-mata untuk mengharap rahmat dan takut akan azabmu, maka keluarkan lah kami dari gua ini.”

Seketika mulut gua terbuka dan ketiga orang ini bisa keluar dengan selamat.

Kisah di atas bukanlah sekadar kisah yang cukup berlalu begitu saja setelah diceritakan, melainkan ada hikmah dan nasihat berharga yang bisa dipetik di dalamnya.

Kisah tersebut seolah ingin memberikan pemahaman kepada kita bahwa berlaku baik terhadap seorang buruh adalah salah satu amal yang cukup tinggi derajatnya di sisi Allah.

Terbukti bahwa Allah mengabulkan permintaan si orang ketiga hanya karena perlakuannya yang baik terhadap buruh yang ia pekerjakan.

Wallahu A’lam.

 

Sumber:  islamico


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.