Unik, Informatif , Inspiratif

Kisah Negara Kecil di Samudra Hindia Hasilkan Listrik dari Tebu

0

Samudra Hindia merupakan kumpulan air terbesar ketiga di dunia, meliputi sekitar 20% permukaan air Bumi. Namun, meski begitu, untuk menghasilkan listrik mereka tidak memanfaatkan air.

Sebuah negara kepulauan kecil ini, Mauritus harus menjadi mandiri untuk mengurangi ketergantungan akan bahan bakar fosil. Alhasil mereka mencarai solusi lain.

BACA JUGA: Ternyata Ini Penyebab Tagihan Listrik Mahal

Dan kini mereka mulai beralih ke tanaman utara tebu untuk menghasilkan energi listrik. Mungkin masih banyak orang yang bertanya mengenai hal ini, mengapa bisa?

Ternyata, yang dimanfaatkan ialah sisa tebu, batang tebu dan pucuknya yang dihancurkan menjadi bahan berserat kering, dikenal sebagai ampas tebu. Selanjutnya, bahan tersebut dibakar untuk membantu daya listrik negara itu.

Sekarang, Listrik dari tebu menyumbang 14 persen dari kebutuhan pulau. Adapun tujuan pemerintah ialah untuk meningkatkan pangsa energi terbarukan dalam bauran energi hingga 35 persen pada tahun 2025. Hal itu dijelaskan oleh kata Wakil Perdana Menteri Mauritius Ivan Collendavello.

Adapun proses dari pembuatannya, selama masa panen pada akhir November akan terlihat truk-truk besar terlihat berbaris di samping gudang untuk membongkat muatan tebu segar di perusahaan Omnicane.

Untuk mengekstrakan air bagi produksi gula, batang tebu dihancurkan. Selanjutnya, Kemudian, batang-batang itu direndam untuk mengekstrak air terakhir dan dipanaskan hingga kering.

BACA JUGA: Hati-hati, Semut Listrik Ini Bisa Sebabkan Rumah Kebakaran

Terakhir, dengan proses pengeringan dan dimasukan ke pembangkit listrik panas dengan suhu 500 derajat Celsius sehingga memicu turbin yang menghasilkan listrik untuk pabrik dan jaringan nasional.

Lalu bagaimana perihal gas rumah kaca karbon dioksida yang dihasilkan oleh pembakaran?

D’Unienville mengatakan, jika gas pembakaran diambil dan digunakan untuk menambahkan ruap ke minuman ringan. []

SUMBER: KOMPAS


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.