pendaki potong lengan sendiri
Foto: ideadigezt.com

Kisah Pendaki yang Potong Tangannya Sendiri Demi Bertahan Hidup

Sebuah kisah mengiris hati terjadi pada seorang pendaki bernama Aron Ralston. Pada 26 April 2003, dia mendaki sendirian melalui Blue John Canyon di timur Wayne County, Utah. Dalam pendakiannya, dia mengalami kecelakaan sehingga membuat lengannya terhimpit oleh sebuah batu besar.

Kecelakan berawal ketika dia terjatuh ke dalam celah sempit. Karena tak ada yang tahu bahwa dirinya sedang melakukan perjalanan, Aron mengira dia akan mati.

Dia menghabiskan lima hari berikutnya dengan perlahan-lahan minum air, akhirnya terpaksa meminum air kencingnya sendiri ketika persediaan airnya habis. Aron melakukan beberapa upaya untuk memecahkan batu tetapi tidak berhasil.

Aron pun menyadari harus mengamputasi lengannya lengannya jika dia ingin terlepas dari situasi itu. Dan setelah bereksperimen dengan torniket dan potongan dangkal di lengannya, dia tahu, pada hari keempat, bahwa dia harus memotong tulang, meskipun dia tidak memiliki alat untuk melakukannya.

Pada hari kelima, Aron mengukir namanya, tanggal lahir dan kematian di dinding ngarai serta merekam salam perpisahannya kepada keluarganya.

Pada hari berikutnya, lengannya mulai membusuk karena kurangnya sirkulasi. Aron mulai mendapat pencerahan. Dia bisa merasakan tulangnya menekuk sehingga bisa memotong tangannya.

Pria pun mengamputasi lengannya dengan pisau serbaguna miliknya. Dengan keadaan kelaparan dan dehidrasi, Aron memanjat keluar dari celah ngarai, berjalan menuruni jalan setapak sejauh 60 kaki, dan berjalan keluar dari ngarai.

Sebuah keluarga yang sedang berlibur menemukannya. Mereka memberinya makanan dan membawanya ke ruang gawat darurat.

Lengannya yang diamputasi ditemukan tim pecari dan dikembalikan kepadanya. Kemudian dikremasi dan disebar di lokasi kecelakaan.

Kisah Aron Ralston yang melelahkan ini pun diceritakan kembali dalam film 127 Hours, yang dibintangi oleh James Franco. []

Sumber: tribuntravel


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

dampak buruk bekerja dari rumah

Pekerja Keras Rentan Alami Burnout, Ini Ciri-cirinya

Stres pun biasanya akan datang saat sudah sangat letih bekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *