Dzoel (foto: DIY Photography)

Kisah Perjuangan Sang Fotografer Tanpa Tangan dan Kaki Sempurna

Dzoel, fotografer profesional asal Banyuwangi menginspirasi insan-insan foto di dunia fotografi. Ia memotret tanpa tangan dan kaki yang sempurna.

Achmad Zulkarnain–nama lengkapnya–tertarik mencoba fotografi saat bekerja di sebuah warung internet (warnet) yang sekaligus menawarkan jasa foto.

Dengan awal kamera cicilan, ia tertarik akan dunia fotografi dan terus menekunnya hingga menjadi fotografer handal dan kerap mengisi materi seputar fotografi.

Kisah menarik Dzoel tersebut menarik minat laman seputar fotografi Petapixel.com dan media internasional Al Jazeera.

“Saya punya cara sendiri untuk melakukan sesuatu,” ujar Dzoel dalam sebuah video dokumenter pendek yang dilansir Al Jazeera.

Seperti dilansir Kompas, dalam video itu terlihat bahwa Dzoel menggunakan kamera tipe DSLR, yakni Canon EOS 5D Mark 2. Ini merupakan kamera tipe full frame yang banyak digunakan oleh fotografer profesional, dan memiliki bobot yang cukup berat. Body kamera ini saja bobotnya mencapai 810 gram.

Namun, Dzoel tak terlihat kesulitan mengoperasikannya. Tanpa tangan dan jari, dia bisa memegang kamera dengan cara menempelkannya ke wajah. Untuk menyalakan dan mematikan kamera, dia menggunakan mulut. Untuk menekan tombol shutter, dan dia memakai kulit di ujung lengannya.

Tanpa kaki, Dzoel tetap bisa berjalan ke berbagai lokasi memotret. Dia menggunakan sebuah kendaraan berbentuk mirip Go-Kart; hasil rancangannya sendiri yang dirakit dengan bantuan kawan serta keluarga.

Ia mengatakan, “Ini kaki saya, ke mana-mana saya pakai ini,” katanya soal kendaraan khas tersebut.

Sekarang, selain bekerja sebagai seorang fotografer, Dzoel juga mengajar fotografi. Pria yang tinggal di Banyuwangi ini juga sedang menempuh kuliah di jurusan hukum Universitas 17 Agustus 1945.

“Untuk jadi yang terbaik itu, tidak harus sempurna,” demikian pesan Dzoel. []


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

dampak buruk bekerja dari rumah

Pekerja Keras Rentan Alami Burnout, Ini Ciri-cirinya

Stres pun biasanya akan datang saat sudah sangat letih bekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *