Unik, Informatif , Inspiratif

Kisah Wanita Pertama yang Interaksi Langsung dengan Suku Sentinel

0

Suku Sentinel sempat menggemparkan dunia setelah memanah-mati seorang Missionaris AS. Hingga jasadnya tak bisa diambil. Banyak upaya yang telah dilakukan.

Hingga kini, yang tercatat telah berinteraksi langsung secara “rukun” dan membuat dokumentasi yang cukup rapi dengan Suku tersebut adalah Antropolog India, TN Pandit pada 1991.

BACA JUGA: Ini Video Ekspedisi Pertama dan Terakhir Interaksi dengan Suku Pedalaman India

Ternyata, selain TN Pandit, antropolog India lain yang berhasil menjalin kontak dengan suku Sentinel adalah Madhumala Chattopadhyay. Ia merupakan wanita pertama yang berhasil menjalin kontak dengan suku Sentinel saat melakukan penelitian bersama dengan Anthropological Survey of India (AnSI).

Madhumala telah bermimpi untuk melakukan penelitian mengenai suku Sentinel sejak kecil, hingga akhirnya pada tahun 1991 ia berhasil menemui mereka dan melakukan penelitian selama enam tahun. Ia menulis 20 makalah penelitian dan sebuah buku berjudul Tribes of Car Nicobar.

BACA JUGA: Kisah Pria AS Tentang Kontak dengan Suku Sentinel Sebelum Dibunuh

Kepada National Geographic, Madhumala menceritakan bagaimana ia bisa bertemu dengan suku Sentinel.

Terlebih, dahulu ia dan orang tuanya harus memberi pernyataan tertulis bahwa mereka memahami risiko penelitian tersebut dan tidak akan meminta kompensasi dari pemerintah bila ia terluka atau meninggal. []

SUMBER: KUMPARAN | NATIONAL GEOGRAPHIC


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.