Unik, Informatif , Inspiratif

Kita Ingat Masa Lalu tapi Tak Ingat Masa Depan, Ini Menurut Sains

0

PANDANGAN manusia mengenai hakikat waktu berubah-ubah selama bertahun-tahun. Hingga akhirnya pada permulaan abad ke-20, orang percaya ada waktu mutlak dan waktu khayal. Dalam waktu khayal tak bisa dibedakan dengan arah dalam ruang. Artinya tak ada perbedaan penting antara arah maju dan mundur dalam waktu khayal.

Di pihak lain, jika melihat waktu mutlak, ada perbedaan amat besar antara arah maju dan mundur, seperti kita semua ketahui. Dari mana perbedaan antara masa lalu dan masa depan itu datang? Mengapa kita mengingat masa lalu tapi tak mengingat masa depan?

BACA JUGA: Teori Darwin dan Hoaks Masa Lalu

Sebenarnya, hukum-hukum sains tak membedakan antara masa lalu dan masa depan. Namun ada perbedaan besar antara arah waktu mutlak maju dan mundur dalam kehidupan nyata. Bayangkan gelas berisi air yang jatuh dari atas meja dan terpecah di lantai. Jika difilmkan, kita bisa dengan mudah mengetahui apakah filmnya diputar maju atau mundur.

Jika diputar mundur, akan terlihat pecahan-pecahan gelas mendadak mengumpul dari lantai dan melompat kembali ke atas meja membentuk gelas utuh. Kita mengetahui bahwa film diputar mundur karena kejadian seperti ini tak pernah diamati di kehidupan sehari-hari. Jika benar demikian, pabrik barang pecah belah bakal bangkrut.

Penjelasan yang biasa diberikan mengenai mengapa kita tak melihat gelas pecah mengumpul lagi menjadi utuh dan melompat ke atas meja adalah karena kejadian demikian dilarang oleh hukum kedua termodinamika. Hukum kedua termodinamika ini mengatakan bahwa dalam sistem tertutup, ketidakteraturan selalu meningkat seiring waktu. Dengan kata lain hukum ini menyebut segalanya cenderung jadi tak beres.

BACA JUGA: Ini 5 Masa Kelam dalam Sejarah Umat Manusia

Gelas utuh di meja berada dalam keadaan amat teratur, sementara gelas pecah di lantai dalam keadaan tidak teratur. Gelas di atas meja pada masa lalu bisa menjadi gelas pecah di lantai pada masa depan, tapi sebaliknya tidak bisa.

Peningkatan ketidakaturan adalah contoh apa yang disebut panah waktu (arrow of tme), sesuatu yang membedakan masa lalu dan masa depan, memberi arah pada waktu. Ada 3 jenis panah waktu yang berbeda.

Pertama, ada arah waktu termodinamika, arah waktu yang menunjukkan peningkatan ketidakteraturan. Kedua, arah waktu psikologis, inilah arah waktu yang kita rasakan saat waktu berlalu, arah waktu yang membuat kita mengingat masa lalu tapi tapi tak ingat masa depan. Ketiga, arah waktu kosmologis, inilah arah waktu di mana alam semesta mengembang, bukan menyusut. []

REFERENSI: Sejarah Singkat Waktu/ Karya: Stephen Hawking/ Penerbit: Gramedia Pustaka Utama


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.