Irish-Mosque-Celebrates-Successful-Open-Day (foto: About islam)

Komunitas Muslim Irlandia Galang Dana untuk Selamatkan Masjid Limerick

Komunitas muslim di Irlandia – khusuusnya jemaah menggalang dana untuk mempertahankan Masjid Al Furqan, kota Limerick , Irlandia yang tengah mengalami masalah pada penyewaan tanah. 

Seperti dilansir Limerickleader.ie, hanya dalam waktu sebulan para jemaah berhasil mengumpulkan 50 ribu euro atau Rp 788 juta, 40 ribu euro dari penggalangan online sedangkan 10 ribu euro ditransfer kepada rekening masjid. Meskipun begitu jumlah tersebut masih jauh dari harapan.

Karena untuk membeli lahan atas masjid tersebut di 41 Windmill Street mereka membutuhkan 750 ribu euro atau Rp 11.818.500.000. Sedangkan saat ini dana yang terkumpul sebanyak 200 ribu euro.

Sementara itu, Imam Masjid Abdullah Hassan mengatakan ada sebanyak 90 orang yang rutin shalat berjamaah di masjid tersebut setiap hari kerja. Sedangkan saat shalat Jumat, jemaah masjid bisa mencapai ratusan orang.

Hassan telah bertemu dengan pemilik tanah dan berharap penempatan lahan tersebut dapat diperpanjang.

“Jika kita pindah dari sini ke tempat lain, akan sulit bagi banyak orang untuk datang. Jumlah jemaah yang kita miliki akan turun kurang dari setengah. Lokasi masjid sangat penting bagi kita. Itu sebabnya kita harus merespons dengan cepat,” ucap Hassan.

Jika hal terburuk akan terjadi, maka pihak masjid harus keluar dari tempat itu. Ini akan menyebabkan banyak kesulitan.

“Kami telah merencanakan izin untuk memperpanjang. Tetangga kita sangat senang dengan kita. Kami tidak ingin pindah ke area baru. Bisa jadi akhir cerita bagi kita. Itu sebabnya kami ingin menyelamatkan tempat ini sebelum terlambat,” kata dia.

Para pengunjung yang datang ke masjid bisa mengunjungi halaman GoFundMe. Halaman tersebut menjelaskan bahwa Masjid Al Furqan bukan hanya tempat di mana semua yang datang hanya untuk shalat.

“Ini adalah tempat di mana anak-anak Anda, anak-anak kita, belajar membaca Alquran dan memahami bahasa Arab. Ini adalah tempat di mana pesan Islam menyebar kepada Muslim maupun non Muslim melalui berbagai acara seperti pameran ‘Discover Islam’, halaqah dan talkshow seputar dunia Islam,” pungkas Hassan.

Sumber: Go Muslim | limerickleader.ie


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *