Foto: CNET

Koneksi Internet di Rumah Lamban? Coba Cara Berikut Ini

INSPIRADATA. Dewasa ini, internet sudah menjadi kebutuhan bagi sejumlah orang, terutama mereka yang memiliki pekerjaan dengan syarat koneksi internet. Karenanya banyak orang rela merogoh kocek sangat tinggi untuk mendapatkan servis internet ini. Salah satunya dengan memasang internet di rumah sendiri.

Tapi terkadang, internet di rumah pun masih jauh dari kata memuaskan. Berbagai masalah kerap ditemui, seperti
koneksi internet tidak lancar atau biasa kita sebut lemot.

Lantas, apa solusinya? Berikut cara me-reboot router Wi-Fi seperti dikutip dari Okezone , Minggu (30/4/2017).

1. Tetapkan jadwal untuk me-reboot router

Anda dapat menjalankan beberapa tes untuk memastikan masalahnya bukan karena panas, firmware lama, atau kelebihan download. Cara mudah untuk mengatasi masalah lambatnya akses adalah jadwalkan reboot satu hari sekali.

2. Tingkatkan sinyal router dengan sedikit hacking

Cara untuk memperluas jangkauan adalah dengan meretas router Anda dan menginstal firmware DD-WRT. Namun, ini bisa berbahaya bagi router Anda, sebagian besar router dapat menangani peningkatan hingga 70 mW tanpa menimbulkan masalah dan Anda akan dapat mengakses jaringan Anda dari jauh.

3. Tingkatkan rentang Wi-Fi Anda dengan trik DIY

Jika router Anda masih tidak bisa menjangkau cukup jauh, Anda bisa memperpanjang jangkauannya dengan trik DIY sederhana. Hasilnya Anda harus bisa sedikit lebih jauh keluar dari jaringan Wi-Fi Anda dengan sedikit usaha.

4. Kontrol akses aplikasi

Jika seseorang di rumah Anda melakukan obrolan video, bermain game online, file torrents, atau menggunakan layanan streaming video, mereka mungkin sedang memonopoli bandwidth dan membuat internet lebih lambat untuk orang lain. Untungnya, Anda bisa menggunakan sesuatu yang disebut Quality of Service-atau QoS.

Dengan QoS, Anda dapat memprioritaskan aplikasi tertentu misalnya, obrolan video terhadap orang lain seperti permainan video sehingga aplikasi yang paling penting mendapatkan bandwidth yang layak mereka dapatkan.

5. Gunakan Wi-Fi teknologi terbaru

Salah satu cara terbaik untuk memastikan jaringan Anda secepat dan sesegera mungkin adalah dengan menggunakan perangkat keras terkini. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Rahasia Televisi, Bisa ‘Membius’ Otak

TV merupakan contoh yang sangat baik sekali bagaimana perangkat ini mempengaruhi pikiran Anda sebagai akibat pengaruh yang ditimbulkannya kepada otak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *