Militer Filipina sedang Berjaga di Kawasan Marawi

Konflik Pecah di Kota Marawi, Duterte Meminta Bantuan Kepada Putin

INSPIRADATA. Presiden Filipina Rodrigo Duterte terpaksa harus meninggalkan Rusia dalam rangka kunjungan kerjanya setelah kelompok bersenjata menyerang salah satu kota di Filipina yaitu Marawi pada Selasa (24/5).

Namun, dikabarkan sebelum Duterte meninggalkan Rusia. Dirinya sempat meminta bantuan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin untuk memberantas militan yang berafiliasi dengan ISIS.

“Saya minta maaf jika harus cepat-cepat pulang. Saya ingin membeli, jika Anda bisa memberikan kami pinjaman lunak sekarang, persenjataan yang oleh Amerika dibekukan penjualannya,” kata Duterte seperti dikutip oleh Rappler.

Pada jadwal sebelumnya, Duterte melakukan kunjungan kerja di Rusia selama lima hari. Namun karena terjadi krisis militer di Kota Marawi, pertemua pun dipersingkat. Bahkan pertemuan Duterte dengan PM Rusia Dmitry Medvedev pun batal.

Sementara itu, Presiden Putin berharap agar konflik yang terjadi di Filipina dapat segera selesai tanpa ada kerugian baik dari materi maupun korban jiwa. Putin juga melihat adanya celah kerja sama yang bagus dalam bidang ekonomi dan militer antara Rusia dan Filipina.

Konflik yang pecah di Marawi yang mayoritas penduduknya Islam tersebut telah menelan korban jiwa sebanyak 12 orang lebih yang terdiri dari warga sipil, polisi dan tentara. Kelompok militan yang bernama Maute telah menduduki serta membakar beberapa fasilitas umum seperti sekolah dan penjara.

Kendati demikian, juru bicara kepresidenan Ernesto Abella mengklaim keadaan di Kota Marawi telah berhasil diambil alih dan dikendalikan oleh pemerintah.

“Kelompok militan itu tak ragu dalam membuat kekacauan, membunuh warga tak berdosa, dan menghancurkan properti,” ujar Abella.

Kelompok militan Maute dan Abu Sayyaf telah menyatakan kesetiaan kepada ISIS dan menyulitkan militer Filipina di saat Duterte berniat untuk memberantas kedua kelompok ini. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *