Foto: Kumparan.com

Kontroversi Tulisan 212 dan QS 5:51 dalam Komik X-Men Gold

Foto: Kumparan.com

INSPIRADATA. Masyarakat Indonesia yang sudah membaca komik terbaru Marvel, X-Men Gold, mungkin sadar dengan adanya simbol-simbol sensitif dalam beberapa gambar dalam komik tersebut.

Ya, dalam beberapa gambar dalam komik tersebut diduga memasukkan unsur kondisi politik yang dalam beberapa bulan terakhir terjadi di Indonesia, khususnya Jakarta.

Dikutip dari kumparan.com, Ahad (9/4/2017), gambar sensitif tersebut diantaranya tulisan “QS 5:51” di kaus yang dikenakan salah satu karakter X-Men, Colossus, ketika karakter tersebut sedang bermain baseball.

Tulisan tersebut diduga merujuk pada Surat Al-Maidah yang merupakan surat ke-5 dalam Al-Qur’an dan ayat 51.

Selain itu, terlihat juga angka “212” di sebuah gedung, ketika pimpinan X-Men yang baru, Kitty Pryde (yang merupakan seorang pahlawan Yahudi dalam cerita), memperkenalkan diri di depan publik yang berkerumun di depannya. Angka ini dianggap dibuat berdasarkan aksi damai 212 lalu.

Tulisan QS 5:51 merujuk pada surat Al-Maidah ayat 51 yang menjadi dasar tuduhan jaksa dan polisi kepada calon Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) terkait penistaan Agama.

Ahok melontarkan pernyataan yang dianggap kontroversial terkait ayat tersebut pada 27 September 2016 di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

Pasca pernyataan tersebut terlontar, muncullah gelombang protes dari masyarakat pada 2 Desember 2016 yang menuntut kasus tersebut diproses dan diselesaikan.

Aksi damai tersebut kemudian dijuluki Aksi 212. []


Artikel Terkait :

About Eki Baehaki

Check Also

Rahasia Televisi, Bisa ‘Membius’ Otak

TV merupakan contoh yang sangat baik sekali bagaimana perangkat ini mempengaruhi pikiran Anda sebagai akibat pengaruh yang ditimbulkannya kepada otak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *