penderita asam lambung
Foto: asiri-terleme

Kopi Jenis Ini Ternyata Bisa Dikonsumsi Penderita Asam Lambung Lho

Para penderita refluks asam lambung pasti dianjurkan untuk menghindari minuman seperti kopi, karena tingkat keasaman yang tinggi. Namun, ternyata ada jenis kopi yang masih bisa dinikmati orang dengan refluks asam lambung.

“Kopi dingin lebih baik buat penderita asam lambung karena zat yang menyebabkan asam lambung tidak ada atau berkurang, jadi enggak apa-apa, malah bagus,” kata dr Annisa Maloveny SpPD saat acara Halodoc, dikutip dari kompas.com, Jakarta, Kamis (9/11/17).

Es kopi mempunyai zat asam yang lebih sedikit dibandingkan kopi panas. Ini membuat penderita refluks asam lambung masih bisa menikmati kafein dari secangkir kopi.

Hal ini terjadi karena air panas yang digunakan untuk menyeduh kopi akan mengeluarkan asam yang lebih pekat dari biji kopi. Sedangkan es batu justru akan lebih mengencerkan konsentrat kopi sehingga rasanya pun lebih “jinak”.

Meskipun dibolehkan mengonsumsi kopi dingin, ada batasan umum yang harus dipatuhi untuk minum kopi. Dikatakan Annisa, konsumsi kopi orang dewasa tiga sampai dengan empat cangkir setiap hari. Jumlah ini lantaran batas konsumsi kafein harian sekitar 300-400 miligram.

Annisa menambahkan, jika konsumis kopi berlebih, maka beberapa dampak negatif akan muncul, seperti insomnia, inkontinensia urine (buang air kecil yang terus menerus), meningkatnya tekanan darah, masalah menstruasi, dan risiko asam urat.

“Bahkan kelebihan kafein dalam jangka waktu panjang dapat mengakibatkan sejumlah permasalahan kesehatan yang lebih serius, seperti masalah lambung, terganggunya sistem kardiovaskular, kerusakan tulang, daya ingat terganggu, menurunnya kinerja mental, memicu produksi hormon cortisol dan yang paling parahnya dapat memengaruhi kesuburan wanita atau bahkan keguguran,” katanya. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *