Foto: kompas

Korea Utara Samakan Zona Waktu dengan Korea Selatan

Korea Utara mengubah zona waktunya maju 30 menit untuk dicocokkan dengan Korea Selatan setelah pertemuan kedua pimpinan negara pada pekan lalu, lansir Kantor berita resmi KCNA, Sabtu (5/5).

“Pencocokan ini adalah langkah praktis pertama untuk mempercepat proses penyatuan Utara dan Selatan,” kata media pemerintah tersebut, lansir BBC, Jumat (4/5).

Hingga saat ini, Korea Utara menggunakan Waktu Pyongyang, setengah jam di belakang Korea Selatan dan Jepang. Itu telah dimajukan 30 menit pada 2015 sebagai upaya melawan “imperialis Jepang yang jahat”, karena jamnya diubah untuk mencocokkan Tokyo ketika semenanjung Korea berada di bawah kekuasaan Jepang.

Korea Selatan (yang sembilan jam lebih awal dari GMT) juga telah pindah dari Jepang pada 1950-an. Namun kembali lagi pada 1960-an.

Selama dua jam, menunjukkan waktu di Korea Utara dan Korea Selatan, Pimpinan Korea Utara dan Presiden Korea Selatan duduk berdampingan di Panmunjom, kota di Zona Demiliterisasi (DMZ) tempat para pemimpin keduaPenyesju negara baru-baru ini bertemu. Setelah pembicaraan, kepresidenan Korea Selatan mengirim tweet yang mengatakan bahwa Kim merasa tertekan dengan melihat jam. []


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Saudi Sepi karena Virus Corona, TKI Alman: Supir Taksi Nangis ke Saya 

Jalanan yang biasanya ramai dan macet oleh kendaraan, saat ini terlihat kosong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *