Foto: Detik

Kotak Suara dari Kardus? Ini Kata Ketua KPU

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman menegaskan, pihaknya menggunakan kotak suara berbahan dasar karton yang kedap terhadap air, untuk Pemilu 2019. Ia pun menyebutkan, sebelumnya jenis ini pun sudah pernah dipakai.

“Kita sudah pakai kotak pakai karton kedap air lima tahun lalu. Dulu sebagian, terakhir sudah semua setiap ada pemilu pakai itu,” kata Ketua KPU Arief Budiman di kantornya, Jumat (14/12/2018) lansir Detik.

BACA JUGA: KPU Malang Jelaskan soal Honor PPS dan PPK yang Belum Diterima Selama Tiga Bulan

“Itu sudah digunakan sejak pemilu yang lalu kok, untuk digunakan sebagai logistik pemilu dia sudah memenuhi syarat,” sambungnya.

Penggunaan bahan ‘kardus’ ini diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 Tahun 2018. Jenis ‘kardus’ dipilih, selain karena memenuhi syarat, lantaran harga yang lebih murah.

“Menghemat biaya penyimpanan, menghemat biaya produksi, distribusi, banyak penghematannya,” ucap Arief.

BACA JUGA: Dituduh Fahri Hamzah Ancam KPU, Ini Tanggapan KPK

Sebelumnya, media sosial diramaikan oleh bahasan tentang kotak suara untuk Pemilu 2019. Bahan kotak suara yang terbuat dari ‘kardus’ tersebut memancing kekhawatiran netizen akan keamanan data di dalamnya.

Bukan hanya soal keamanan, segi anggaran juga tak lepas dari tanda tanya netizen. Disebut-sebut bahan ‘kardus’ itu bisa menimbulkan adanya kecurangan. []

SUMBER: DETIK


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *