foto: Kristiane backer

Kristiane Backer, ‘From MTV to Mecca’

foto: Kristiane backer

INSPIRADATA. Kristiane Backer dulunya adalah seorang Video Jokey (VJ) di MTV Eropa. Setelah menjadi muallaf, dia menulis sebuah buku berjudul “From MTV to Mecca”. Kini, ia giat dalam kegiatan dakwah ke berbagai Negara. Islam lah yang mengantarkannya keliling dunia.

Begini kisahnya:

Backer lahir di Jerman. Pada 1989, dia pindah ke London untuk mewujudkan mimpi sebagai pembawa acara MTV Eropa. Banyak pesohor dia wawancarai. Namun, tak ada sesuatu yang dia dapatkan dalam kesibukan dunia itu.

Saat itulah Backer mengalami krisis. Hingga suatu saat dia bertemu pemain kriket, Imran Khan. Dalam pertemuan itu, perempuan yang tengah galau itu memperoleh buku tentang Islam dari Imran. Backer juga diundang berwisata ke Pakistan.

Dengan senang hati, Backer menerima buku dan undangan itu. Berangkatlah dia ke Pakistan pada 1992.

“Perjalanan itu membuka dimensi lain dalam hidup saya, pemahaman tentang spiritualitas,” kata dia dikutip dari The Guardian.

Kaum muslim yang dia jumpai selama perjalanan itu sangat menyentuh hatinya. Kemurahan hati, martabat, dan kesiapan untuk berkorban untuk orang lain, menjadi poin yang dia tangkap dari kaum muslim kala itu. Sehingga dia semakin banyak belajar tentang Islam.

“Semakin banyak saya membaca, semakin dalam Islam menarik perhatian saya. Saya masuk Islam tahun 1995,” ujar Backer.

Dalam Islam pula Backer menemukan perlakuan yang adil bagi perempuan. Islam memposisikan perempuan setara dentgan kaum pria.

“Dalam Islam, perempuan berhak memilih sejak tahun 600,” tutur dia.

Awal masuk Islam itulah yang sangat sulit dilalui. Media-media di Jerman bahkan memuat berita-berita negatif tentangnya. Hingga akhirnya kontraknya dengan MTV Eropa tidak diperpanjang.

“Itu akhir karier saya di dunia hiburan,” tutur dia.

Namun Backer tak menyerah. Dia lihat semua yang terjadi sebagai tantangan. Dia mengubah jalan hidup sebagai presenter. Dia banting setir, bekerja dengan budaya muslim dengan menggeluti dunia mode muslim.

“Saya merasa mampu memainkan peran menjembatani warisan kaum muslim dengan masyarakat luas,” Pungkas Backer.

Kini Backer kerap mengisi kegiatan dakwah di berbagai negara di dunia.[]


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *