Foto: Antara News

Kronologi Penangkapan Miryam S Haryani oleh Polri

INSPIRADATA. Miryam S Haryani, politikus Partai Hanura, dini hari tadi ditangkap jajaran anggota Polri di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan. Mantan anggota Komisi II DPR RI itu ditangkap setelah masuk daftar pencarian orang (DPO) dalam beberapa hari ini. Demikian disitat dari Liputan6 pada Senin (1/5/2017).

Irjen Pol Mochammad Iriawan menjelaskan bagaimana kronologi pelarian Miryam hingga sampai akhirnya ditangkap di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

“Sesuai dengan surat KPK tanggal 26 April, meminta bantuan kepada kami mencari daftar pencarian orang atas nama Miryam S Haryani. Atas dasar DPO ini kami membentuk tim gabungan dari Tim Polda Metro dan Polres Depok. Tim mulai bekerja, tembus (informasi) dan Miryam berada di Bandung,” kata Iriawan saat menggelar jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Senin (1/5/2017).

Iriawan menjelaskan, selama beberapa hari di Bandung, Miryam berpindah-pindah tempat untuk menemui beberapa kerabatnya. Posisi Miryam pun sebenarnya sempat diketahui oleh timnya.

“Di Bandung di beberapa (tempat) kerabatnya di wilayah Waringin, berpindah ke Trans Hotel,” ungkap Iriawan. Setelah dari Bandung, Miryam diketahui berangkat ke Jakarta bersama adiknya menginap di salah satu hotel.

“Sekitar pukul 02.00 WIB di Grand Kemang, tim kami menangkap Miryam bersama adiknya. Setelah itu kami bawa ke kantor untuk dilakukan pemeriksaan awal terkait pelariannya dan siapa yang membantunya. Untuk perkara pokok, Miryam kami serahkan kepada KPK,” ujar Iriawan.

Seperti diketahui, Miryam ditetapkan sebagai tersangka pemberian keterangan palsu dalam sidang kasus e-KTP oleh KPK pada 5 April 2017. Ia juga diduga memberikan keterangan palsu ketika persidangan perkara korupsi e-KTP di pengadilan Tipikor, Jakarta Selatan.

Lantas, KPK menetapkan Miryam S Haryani kedalam daftar pencarian orang terkait dugaan pemberian keterangan palsu dalam sidang kasus e-KTP. Penetapan ini berdasar pada ketidakjelasan Miryam dalam memenuhi panggilan penyidik. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *