Foto: satumedia

Kuku Digoreskan Pada Papan Tulis Bikin Merinding? Ini Alasannya

Pernahkah Anda merasa merinding saat kuku digoreskan pada papan tulis kayu? Saat itu terjadi maka, tulang-tulang Anda akan merasa linu secara bersamaan.

Dikutip dari laman National Geographic, peneliti dari Universitas Cologne Jerman dan Universitas Vienna mencoba mengumpulkan data. Mereka diminta mendengarkan rekaman suara gorekan kuku pada papan tulis.

Para peserta diminta untuk menilai ketidaknyamanan yang dialami sembari mengkalkulasi tingkat stress yag terwujud mealui tekanan darah, detak jantug, hingga keringat.

Selanjutnya frekuensi suara yang berada di rentang 2.000 sampai 4.000 Hz pada rekaman tadi dihilangkan. Hasilnya,  peserta jauh lebih nyaman mendengarkannya ketimbang suara yang belum dimodifikasi. Telinga mereka lebih mudah untuk beradaptasi.

Berdasarkan hal itu, ada kemungkinan suara gorekan kuku dipapan tulis menjadi tidak nyaman didengarkan lantaran lebih keras terdengar bagi seseorang. Suara tersebut langsung kena di titik pendengaran manusia dan diposisikan lebih keras dari suara lain oleh telinga. []


Artikel Terkait :

About Fajar Zulfikar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *