, Kulit Manusia, Apa Fungsinya?
Unik, Informatif , Inspiratif

Kulit Manusia, Apa Fungsinya?

0

 

Manusia pasti memiliki kulit. Bayangkan saja bila kita tidak memiliki kulit, pasti kita sendiri akan jijik melihatnya. Memang segala sesuatu yang telah Allah SWT ciptakan itu pasti ada manfaatnya. Begitu pula dengan kulit, yang kini melekat pada tubuh kita. Lalu, apa fungsinya kulit itu?

Kulit memiliki fungsi yang amat sangat berharga bagi kita. Di antaranya :

1. Fungsi mekanik 

Yaitu mencegah geraknya dan membatasi jaringan si bawahnya, tergantung pada dermis dan epidermis. Kulit bersifat elastis dapat merengang dan bersifat reversibel. Serabut kolagen tetap dan tidak berperan dalam menjaga tekanan.

2. Fungsi pelindung

• Sawar mikrobiologi : stratum corneum merupakan pertahanan terhadap mikroorganisme dan fungsi pelindung. Sekresi sebasea dan enkrin meninggalkan asam mantel pada permukaan kulit dengan pH 4,5-5,6 dan merupakan sawar terhadap bakteri. Kelenjar kulit juga mensekresi asam lemak seperti; asam propionat, butirat, kaporat yang bersifat bakteriostatik dan fungisid.

• Bekerja dalam 2 arah, yaitu; kehilangan air badan, elektrolit dan zat badan serta sawar terhadap masuknya zat molekul kimia yang merugikan badan

• Sawar radiasi : kulit mencegah atau mengurangi kerusakan lebih besar terutama dengan pigmentasi.

• Sawar panas dan penghantar suhu : kulit merupakan organ yang menjaga panas badan tetap pada sistem isoterm pada 37derajat celcius. Bila suhu badan naik turun kulit akan memucat, karena sirkulasi darah ke perifer tertutup untuk mengurangi kehilangan panas badan. Untuk melepas panas badan pembuluh darah melebar (dilatasi) untuk mengeluarkan difusi panas mencapai maksimum dan kulit jadi kemerahan.

• Sawar listrik : konduksi listrik melalui kulit tergantung pada perpindahan ion endogen melalui stratum corneum. Dalam kulit kering kekebalan terhadap arus searah dan tahanan terhadap arus bolak-balik adalah lebih tinggi dibanding dengan jaringan badan lainnya. Jika tahanannya turun maka permeabilitas kulit terhadap zat kimia naik, sebaliknya bila tahanannya tinggi akan terjadi kebakaran listrik dan dapat kritis.

Subhanallah bukan? Maka, nikmat mana lagi yang akan kita dustakan?  [][]

 

Sumber: starfish7-koga


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.