dampak buruk smartphone
Foto: Medical Daily

Kurangi Dampak Buruk Smartphone dengan Kacamata Ini

Penggunaan smartphone dan laptop yang terlalu sering memberikan efek buruk bagi kesehatan. Hal ini merupakan salah satu penyebab insomnia dan kualitas tidur yang buruk di tengah masyarakat.

Untuk itu, dibutuhkan solusi bagi masalah yang ini. Nah, kini ada kacamata yang dikatakan dapat mengatasi hal tersebut.

Ari Shechter dari Columbia University Medical Center, New York, melakukan studi kepada 14 orang dewasa yang mengalami insomnia kronis selama satu bulan. Selama itu mereka diminta menggunakan kacamata dengan lensa berwarna amber (kuning sawo) saat berinteraksi dengan laptop, smartphone atau tablet 2 jam sebelum tidur.

Hasil penelitian menyebut partisipan yang menggunakan kacamata dengan lensa berwarna amber mendapatkan waktu tidur lebih lama 30 menit. Tak hanya itu, mereka juga mengaku tidur lebih nyenyak dan lebih jarang mengalami insomnia.

Menurut Ari, cahaya biru dari smartphone dan laptop adalah penyebab kualitas tidur seseorang terganggu. Dengan menggunakan kacamata dengan lensa berwarna amber, maka dampak buruk cahaya biru akan sangat berkurang.

“Cahaya biru memblok produksi melatonin, hormon yang menyebabkan ngantuk. Nah, menggunakan kacamata ini dapat mengurangi dampak buruknya. Harganya pun murah, hanya sekitar Rp60 ribu sampai Rp100 ribu, dan bisa dibeli di mana saja,” tutur Ari, dikutip dari Health Day.

Dr Raman Malhotra dari American Academy of Sleep Medicine menyambut penelitian ini secara positif. Meski dampaknya tidak sebaik terapi dan pengobatan lain untuk insomnia, penggunaan kacamata dengan lensa berwarna amber cukup baik untuk meredakan efek buruk smartphone.

“Sangat masuk akal karena 90 persen orang menggunakan smartphone mereka sebelum tidur. Kacamata dengan lensa berwarna amber merupakan solusi murah dengan manfaat yang besar,” tutupnya. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *