Unik, Informatif , Inspiratif

Kurangi Takaran Nasi Putih Agar Terhindar dari 4 Dampak Buruk Ini

0

Di Indonesia, nasi merupakan makanan pokok yang wajib ada di meja makan. Bagi mayoritas orang di Indonesia, tidak lengkap rasanya makan tanpa nasi, terutama nasi putih.

Namun fakta terbaru mengenai nasi adalah tentang bahayanya bagi kesehatan. Dikutip dari laman Thisisinsider.com, berikut 4 efek buruk mengkonsumsi nasi putih.

 

Penyebab obesitas

 

Selain itu, dapat ditemukan hubungan antara obesitas dengan konsumsi nasi putih.

Sebuah penelitian dipublikasikan di jurnal Food and Nutrition Research tentang diet dan berat badan. Rise itu menyatakan bahwa semakin banyak seseorang mengkonsumsi refined carbs, maka makin banyak pula berat badan yang didapat.

 

Mudah dikonsumsi berlebihan

 

Nasi putih juga sangat mudah untuk dikonsumsi berlebihan.

“Sangat mudah untuk mengkonsumsi minuman, refined carbs, serta makanan lain yang mengandung banyak gula maupun yang diproses dengan gula, kita cenderung untuk terus mengkonsumsi hal-hal tersebut,” ujar Cara Anselmo, seorang ahli nutrisi dan ahli diet pada New York’s Memorial Sloan-Kettering Cancer Center.

 

Lebih bahaya dari nasi merah dan gandum

 

Nasi putih merupakan refined grainds yang artinya nasi putih berasal dari bulir beras yang telah diolah.

Dengan hilangnya bagian kulit dan lembaga, biji beras telah kehilangan banyak vitamin, serat, dan mineral, dan hanya menyisakan bagian endosperm yang tinggi karbohidrat namun sedikit protein.

 

Mempercepat penyerapan gula oleh tubuh

 

Hal ini menjadikan nasi putih lebih cepat untuk dapat dicerna tubuh, yang kemudian menyebabkan cepatnya pembentukan dan penyerapan gula oleh tubuh.

Cepatnya penyerapan gula oleh tubuh akan berdampak pada tingginya tingkat gula dalam darah, yang mana akan mempengaruhi kesehatan tubuh. []

 


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.