kursi roda
kursi roda (foto: twitter)

Kursi Roda untuk Ikan yang Tak Bisa Berenang

kursi roda
kursi roda (foto: twitter)

INSPIRADATA. Ikan yang tak bisa berenang bebas, seperti halnya manusia yang tak bisa berjalan. Karena itulah membutuhkan kursi roda untuk membantu bergeraknya. Seperti aneh memang, tapi adanya kursi roda di dunia ikan ini menjadi inovasi tersendiri.

Seperti dilansir Bored Panda, ikan yang menderita penyakit gelembung apung, menjadikannya tak bisa mengendalikan daya apung tubuhnya. Sehingga ikan hanya akan terapung di permukaan air dalam keadaan terbalik, sampai ikan tersebut bisa mati.

Ikan yang mempunyai keadaan seperti itu, dibawa ke toko akuarium di San Antonio, Texas. Di sana, ikan akan diobati agar bisa kembali berenang normal.

Seorang manajer toko  Derek Burnett, menyarankan diet penyesuaian dan perawatan dengan metode air. Namun nyatanya hal ini tak juga berhasil.

Derek pun memutuskan untuk mencari jalan lain agar si ikan bisa lagi berenang. Derek memutuskan untuk menciptakan kursi roda untuk ikan mas tersebut.

“Saya punya beberapa selang udara yang biasanya digunakan orang di dalam tangkinya. Dan saya hanya meletakkan selang ini di sekitar tubuh ikan,” katanya.

“Sama menambahkan beberapa katup di bawahnya yang berfungsi sebagai ‘kursi’ untuk menopang dia.”

Derek juga menambahkan bobot tambahan di bagian bawah ‘kursi’ dan pemberat untuk membuatnya tetap bertahan di atas bahan tersebut.

“Berat bagian bawah hampir sama dengan daya tarik ke atas. Kursi roda ini bekerja cukup baik untuknya, dan dia bisa berenang.”

Kini, Derek tengah mengumpulkan polling untuk menentukan nama ikan mas kecil ini. Dia pun meminta warga net untuk memberinya ide tentang nama yang akan diberikan pada ikan jantan tersebut.

“Kami akan memberinya nama dalam beberapa hari ke depan. Letnan Dan dan David Buoy adalah pilihan tertinggi saat ini. Jika ada yang lain, silakan beritahu kami!” cuitnya. []


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *