Unik, Informatif , Inspiratif

Kutu Kepala, Makhluk Apa Itu?

0

Kutu kepala adalah hewan sejenis parasit penghisap darah yang mampu berkembang biak dengan cepat. Dilansir dari Wikipedia, kutu betina biasanya mampu bertelur sebanyak enam buah dalam sehari dan telur tersebut akan menetas setelah kurang dari delapan hari.

Parasit ini seringkali menjangkit anak-anak usia sekolah, namun tak jarang juga menjangkit orang dewasa.

Keberadaan kutu di kepala Anda akan sangat mengganggu. Jika dibiarkan dan tidak segera dibasmi, kutu dapat menyebabkan penyakit seperti koreng dan pediculosis kapitis-yang tentunya akan mengurangi kepercayaan diri Anda.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan kutu-kutu tersebut? Berikut 3 cara sederhana yang dapat Anda lalukan untuk membasmi kutu Kepala.

1. Menghilangkan Kutu Kepala dengan Bawang Merah.

Bawang merah adalah salah satu bumbu dapur yang mudah didapat. Cara membasmi kutu dengan bawang merah adalah:

Ambil kurang lebih 5 siung bawang merah lalu haluskan. Setelah halus, oleskan secara merata di kepala Anda. Biarkan selama 1 sampai 1,5 jam lalu cuci rambut Anda dengan shampo.

2. Menghilangkan Kutu Kepala dengan Cuka Putih

Walaupun cuka tidak dapat merontokkan telur kutu yang menempel di rambut, namun cuka ini mampu mencegah terjadinya penetasan telur dan efektif untuk membunuh induk telur. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan oleskan cuka sampai merata pada rambut lalu tunggu sekitar 2 jam. Setelah itu bilas rambut Anda dan lanjutkan dengan mencuci rambut menggunakan shampo.

3. Menghilangkan Kutu Kepala dengan Minyak Kelapa

Cara menghilangkan kutu dengan minyak kelapa adalah, oleskan minyak kelapa pada rambut yang berkutu, lalu tutup dengan selimut semalaman. Esok harinya bilas dengan air bersih dan shampo. Lakukan perawatan ini setiap malam menjelang tidur selama 3 malam berturut-turut.

Nah itu tadi beberapa Cara menghilangkan kutu kepala dengan cara sederhana. Selain melakukan hal-hal tersebut, Anda juga harus menjaga kebersihan rambut dengan rajin mencuci rambut dengan benar. Juga jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan handuk dan sarung bantal Anda. Selamat mencoba! []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.