Tahanan Palestina Melakukan Aksi Mogok Makan

Lagi, Peserta Aksi Mogok Makan Warga Palestina Dilarikan ke Rumah Sakit

INSPIRADATA. Puluhan tahanan Palestina yang melakukan aksi mogok makan di penjara Israel, dilarikan ke rumah sakit karena kondisi mereka dilaporkan kritis. Jaringan televisi satelit berbahasa Arab, al-Aqsa melaporkan seperti dilansir media Press TV, Rabu (17/5/2017), sebanyak 76 tahanan Palestina dilarikan ke rumah sakit Hadrim pada Selasa (16/5) untuk menjalani perawatan. Demikian disitat dari Detik, Rabu (17/5/2017)

Mereka semua merupakan tahanan di Penjara Ofer, Israel. Bahkan sehari sebelumnya, 36 tahanan lainnya yang mengikuti aksi mogok makan ini juga sempat dilarikan ke rumah sakit karena alasan yang sama.

Insiden ini terjadi seiring dengan aksi mogok yang telah dilakukan oleh ribuan tahanan Palestina selama 30 hari. Sementara pemimpin aksi mogok massal, Marwan Barghouti, mengatakan bahwa dirinya juga telah memutuskan untuk aksi mogok minum, hal ini sebagai bentuk protes warga Palestina kepada Israel.

Menurut pernyataan yang dirilis oleh Komite Urusan Tahanan Palestina pada Selasa (16/5), Barghouti yang merupakan pemimpin gerakan Fatah menyatakan bahwa selain dirinya mogok makan, ia juga akan mogok minum. Itu dilakukan sebagai respon atas penolakan otoritas Israel terhadap tuntutan para tahanan Palestina.

Barghouti pun menegaskan agar Rezim Israel menyetujui semua tuntutan warga Palestina yang mogok makan tanpa tawar menawar atau kompromi

Sejak 17 April lalu, sekitar 1.600 tahanan Palestina telah ikut dalam aksi mogok makan yang dipimpin Barghouti. Para tahanan tersebut menuntut hak-hak dasar, seperti penghentian kebijakan penahanan tanpa persidangan dan penahanan isolasi.

Barghouti sendiri tengah menjalani hukuman penjara atas perannya dalam perlawanan rakyat Palestina. Pria berumur 57 tahun itu merupakan figur yang sangat populer di kalangan warga Palestina. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *