Tetap Produktif Walaupun Mengalami Penuaan

Lakukan 6 Kebiasaan Ini agar Otak tidak Mengalami Penuaan

INSPIRADATA. Seiring dengan bertambahnya usia, pasti banyak organ dalam dan luar tubuh kita mengalami perubahan. Secara fisik tentu terjadi penuaan pada kulit, sedangkan secara organ dalam menurunnya produktivitas bagian-bagian yang ada pada tubuh.

Salah satunya adalah otak, otak kita juga akan mengalami penuaan. Hal ini dapat dipicu oleh beberapa faktor dan kebiasaan harian. Kecenderungan otak mengerjakan suatu pekerjaan yang sama setiap harinya akan mempengaruhi kondisi otak.

Orang dewasa pada umumnya akan fokus pada karir dan bidang keahlian tertentu, tanpa memperhatikan keterampilan yang lain. Seorang asisten profesor di University of California Riverside, Rachel Wu, PhD, menyebutkan bahwa, layaknya seperti anak-anak, membantu orang dewasa untuk mengembangkan bakat dan hobi baru akan sangat efektif membantu otak bertahan lebih lama serta menunda atau memperlambat penurunan kognitif terkait usia.

Berikut 6 kebiasaan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan memori kerja dan menghambat penuaan pada otak, sebagaimana disitat dari Liputan6, Sabtu (13/5/2017).

1. Berusaha keluar dari zona nyaman

Umumnya orang dewasa akan menggunakan keterampilan yang sama dalam pekerjaan setiap hari. Bahkan tidak jarang rute perjalan yang ditempuh untuk menuju tempat kerja juga sama. Tapi tahukah Anda ternyata kebiasaan-kebiasaan tersebut dapat membatasi kemampuan otak.

Untuk itu mulailah mempelajari dan melatih keterampilan baru dan belum pernah Anda lakukan sebelumnya. Melakukan sesuatu yang baru dan menantang akan bermanfaat.

2. Temukan instruktur

Apabila Anda sulit untuk melakukan suatu keterampilan dengan sendiri, maka tidak ada salahnya untuk mencari instruktur yang akan mengajarkan Anda banyak hal. Seperti instruktur olahraga, menjahit, memasak atau bahkan berkebun. Karena dengan berinteraksi dengan mereka akan membuat otak Anda akan terus berkembang dengan baik.

3. Percaya diri

Kebiasaan menanamkan rasa percaya diri pada diri sendiri sangat penting untuk ditanamkan. Mengabaikan orang-orang yang tidak percaya pada proses yang Anda lakukan dan mendorong diri sendiri untuk mempercayai bahwa dapat melakukan sesuatu yang baru dengan latihan dan kerja keras

4. Berada di sekitar orang-orang yang semangat

Tidak hanya keyakinan diri, ternyata berada di lingkungan positif yang selalu memberi Anda dukungan akan membantu mencegah penuaan pada otak.

5. Komitmen dan pantang menyerah

Pantang menyerah dan bersungguh-sungguh dalam melakukan sesuatu yang dikerjakan akan membuat Anda lebih baik. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memberi tahu orang-orang terdekat mengenai keterampilan baru yang sedang ingin Anda pelajari sehingga akan membuat Anda terus termotivasi untuk melakukannya.

6. Pelajari Lebih dari satu keterampilan sekaligus

Kecenderungan seseorang untuk lebih optimal pada satu bidang, akan membuat otak mereka lebih cepat menua dibandingkan dengan mereka yang mempelajari sesuatu yang berbeda sekaligus.

Anda bisa melatih untuk melakukan suatu keterampilan baru secara bertahap. Misalnya tahun ini Anda ingin memiliki keterampilan menyanyi maka di tahun depan Anda bisa menambahkan ketrampilan dengan mempelajari olahraga memanah dan seterusnya. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *