Foto: Zenger Folkman

Lakukan Hal Ini Jika Anda Jadi Korban Gosip

Beberapa orang senang menyebarkan desas-desus tentang seseorang. Meski hal tersebut tidak sepenuhnya benar atau bahkan tidak benar sama sekali.

Gosip memang tidak bisa dihindari. Namun, jika gosip yang beredar sudah mengganggu kehidupan, sudah saatnya Anda bertindak. Tak perlu khawatir lagi untuk menghadapi teman penggosip. Simak saja ulasan yang dikutip dari Teenshealth.

Minta dukungan dari seseorang lebih dewasa

Mencurahkan perasaan bisa dilakukan jika Anda sudah tidak bisa menahannya sendiri. Tetapi sebaiknya Anda mencurahkan isi hati pada seseorang yang lebih dewasa, misalnya orangtua, guru, atau atasan di kantor. Biarkan mereka tahu apa yang sebenarnya Anda alami. Karena dukungan dari seseorang yang lebih dewasa bisa memberikan kekuatan tersendiri dan membuat lebih percaya diri dalam menghadapi gosip tersebut.

Mencari teman

Menghadapi rumor buruk yang beredar tentang Anda tentu menyedihkan. Tapi alih-alih menarik diri dari pergaulan, carilah dua orang teman yang akan tetap bersama Anda dan tidak mendengarkan gosip murahan yang beredar. Jangan habiskan energi untuk memikirkan gosip tersebut, tetapi manfaatkan waktu bersama teman-teman terdekat untuk bersenang-senang.

Berbicara pada penyebar gosip

Anda bisa mempertimbangkan untuk berbicara dengan si penyebar gosip. Dekati dia dengan perlahan dan ajak bicara. Anda bisa memulainya dengan mengatakan “Saya tahu kita tidak dekat. Anda tidak perlu menyukai saya, tapi Anda perlu berhenti menyebarkan gosip tentang saya dan berbicara di belakang saya”. Ucapkan kalimat tersebut dengan tenang dan hindari berteriak. Setelah mengucapkan kalimat tersebut, tinggalkan dia segera tanpa perlu menunggu dia menjawabnya. Jika perlu, Anda bisa meminta seorang teman untuk menemani ketika Anda memutuskan akan berbicara dengan si penyebar gosip.

Percaya diri

Melewati situasi seperti ini memang tidak mudah. Tapi Anda perlu melakukan berbagai hal yang bisa membuat rasa percaya diri. Kumpulkan kekuatan batin dan dukungan dari orang-orang yang peduli. Hal-hal yang positif dapat membuat Anda bisa melalui semua situasi ini dengan lebih kuat.()


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Jangan Pasang Stiker ‘Happy Family’ di Mobil Pribadi, Ini Bahayanya

para pelaku kejahatan jadi bisa mengetahui, kapan waktu sang anak sendirian di rumah tanpa ditemani ayah dan bundanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *