sunnah hari raya, Lakukanlah Amalan Sunnah Ini di Hari Raya Idul Fitri
Unik, Informatif , Inspiratif

Lakukanlah Amalan Sunnah Ini di Hari Raya Idul Fitri

0

Idul Fitri adalah Hari Raya besar umat Islam. Di hari itu seluruh Muslim di pelosok dunia menyambutnya dengan penuh suka cita. Bahagia menyambut Idul Fitri, dan sedih karena Ramadhan telah pergi. Namun jangan khawatir, Allah tetap melimpahkan keberkahan kepada umat Muslim dalam amalan sunnah di Hari Raya Idul Fitri.

Meski terlihat sederhana, namun amalan tersebut memberikan keutamaan saat setiap Muslim melakukannya dengan sepenuh hati.

BACA JUGA: Apa yang Sebaiknya Dilakukan dan Diucapkan Ketika Hari Raya Idul Adha?

Lalu, apa sajakah amalan sunnah di Hari Raya Idul Fitri itu?

1. Shalat Hari Raya ‘Id

Dalam hal ini Allah Ta’ala berfirman: “Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah.” (QS. Al Kautsar: 2).

2. Mendengarkan Khutbah Hari Raya

Dari Abdullah bin As Saa’ib Radhiallahu ‘Anhu, katanya: “Saya menghadiri shalat ‘Id bersama Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, ketika shalat sudah selesai, beliau bersabda: “Kami akan berkhutbah, jadi siapa saja yang mau duduk mendengarkan khutbah maka duduklah, dan yang ingin pergi, pergilah!” (HR. Abu Daud).

3. Berangkat dan Pulang Melewati Jalan yang Berbeda

Dari Jabir bin Abdullah Radhiallahu ‘Anhuma, katanya: Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam jika keluar pada hari Id akan menempuh jalan yang berbeda. (HR. Bukhari No. 986).

4. Mengucapkan Selamat Hari Raya: “Taqabbalallahu Minna wa Minka”

Imam Ibnu Hajar berkata:” “Kami meriwayatkan dalam kitab Al Mahamilliyat, dengan sanad yang hasan (bagus), dari Jubeir bin Nufair, katanya: dahulu para sahabat Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam jika mereka berjumpa pada hari raya, satu sama lain berkata: “Taqabbalallahu minna wa minka.”

5. Bergembira dengan Pesta yang Halal

Dari Anas bin Malik Radhiallahu ‘Anhu, katanya: Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallamdatang ke Madinah, saat itu mereka memiliki dua hari untuk bermain-main. Lalu Beliau bersabda: “Dua hari apa ini?” Mereka menjawab: “Dahulu, ketika kami masih jahiliyah kami bermain-main pada dua hari ini.” Maka Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menjawab: “Sesungguhnya Allah telah menggantikan buat kalian dua hari itu dengan yang lebih baik darinya, yaitu Idul Adha dan Idul Fitri.” (HR. Abu Daud),

BACA JUGA: Sunnah, Bulu-bulu Ini Dianjurkan Dibersihkan Lho…

6. Bertakbir Pada Hari Raya

Untuk bertakbir pada ‘Idul Fitri, Allah Ta’ala berfirman: “Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah (bertakbir) atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.” (QS. Al Baqarah (2): 185), demikian melansir Firmadani. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.