Unik, Informatif , Inspiratif

Lama Menjadi Misteri, Beginilah Wujud Lubang Hitam Sesungguhnya

0

LUBANG hitam yang selalu diselimuti misteri kini berhasil diabadikan dalam sebuah gambar. Ini adalah peristiwa bersejarah karena untuk pertama kalinya astronom dapat menangkap gambar wujud lubang hitam alias black hole yang selama ini jadi misteri.

Berdasarkan foto yang dirilis, lubang hitam ini berwarna kuning melingkari titik hitam dipusatnya, serupa cincin api.

BACA JUGA: Wah! Berikut 7 Planet Paling Ekstrim di Alam Semesta

Lubang hitam awalnya hanya sebuah gagasan yang muncul dari sebuah teori yang diajukan pada abad ke-18 oleh John Michell and Pierre-Simon Laplace. Selanjutnya dikembangkan oleh astronom Jerman bernama Karl Schwarzschild, pada tahun 1916, dengan berdasar pada teori relativitas umum dari Albert Einstein. Hingga akhirnya diketahui bahwa wujud nyata lubang hitam ini benar-benar ada.

Lubang hitam merupakan ‘monster’ di alam semesta. Dengan kekuatan gravitasi yang sangat kuat di dalamnya, ia dapat melahap segala sesuatu di sekitarnya, bahkan partikel cahaya tak mampu lepas dari ‘sedotan’ Black Hole.

Penampakan lubang hitam ini dipotret oleh Event Horizon Telescope (EHT), jaringan delapan teleskop radio yang tersebar di seluruh dunia.

Berdasarkan penemuan ini, lubang hitam luasnya diperkirakan mencapai 40 miliar km atau setara tiga juta kali ukuran Bumi. Lubang hitam yang difoto ini adalah yang berjarak 500 juta triliun km jauhnya dari Bumi, tepatnya berada di galaksi yang disebut M87.

“Apa yang kita lihat ini lebih besar dari ukuran seluruh Tata Surya kita,” kata Prof Heino Falcke dari Radboud University dikutip dari BBC, Kamis (11/4/2019).

“Ini memiliki massa 6,5 miliar kali dari Matahari. Dan itu adalah salah satu lubang hitam terberat pernah ada, menurut kami. Ini adalah monster absolut, juara kelas berat lubang hitam di semesta,” tutur Falcke.

BACA JUGA: Penjelasan Al-Qur’an Mengenai Penciptaan Alam Semesta

Falcke yang menyebut lubang hitam ini serupa cincin api menjelaskan, warna terang yang menyelimuti titik hitam ini ialah gas super panas yang jatuh ke dalam lubang. Saking kuatnya tarikan lubang hitam ini, cahaya pun bisa terhisap ke dalamnya.

Cahaya tersebut merupakan gabungan miliaran bintang lain di galaksi, itulah sebabnya ia dapat dilihat pada jarak yang begitu jauh dari Bumi.

Dengan pertama kalinya lubang hitam ini dapat terlihat sekaligus memungkinkan para peneliti untuk belajar lebih banyak tentang benda misterius di alam semesta tersebut. []

SUMBER: DETIK | BBC


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline