kulit, Lapisan Lilin pada Kulit Apel, Berbahayakah?
Unik, Informatif , Inspiratif

Lapisan Lilin pada Kulit Apel, Berbahayakah?

0

Lapisan lilin pada kulit apel ternyata mengandung serat yang baik untuk kesehatan. Bila sebelumnya mengira apel itu tidak memiliki lapisan lilin, itu salah besar. Justru ahli nutrisi dr. Diana Suganda mengatakan jika Jadi makan buah apel, sebaiknya jangan dikupas.

Tapi, sudah cukup lama kabar tentang zat lilin atau wax yang digunakan melapisi buah apel supaya kesegarannya awet, cukup mengkhawatirkan. Akibat hal itu, sebagian orang memilih mengupas buah apel sebelum memakannya.

BACA JUGA: Wah Ternyata Apel, Pemutih Gigi dari Alam

Adapun fakta menarik dari Dr. Kemble dikutip bestfoodfacts.org. Apel adalah buah yang mampu menghasilkan lapisan lilin sendiri, seperti plum dan pir. Adapun fungsinya Lilin alami ini berfungsi mengunci kelembapan buah, menjaga kekenyalan buah, memperlambat oksidasi buah.  

Lalu, bagamaina dengan lapisan lilin tambahan non alami?

Wax memang biasanya digunakan pada buah apel dihasilkan melalui senyawa organik, dan telah digunakan untuk melapisi makanan selama bertahun-tahun.

BACA JUGA: Cuka Apel Digadang Sebagai Superfood Kini dan Nanti

Selain apel, sayuran berakar seperti lobak pun dibubuhkan lilin jenis ini untuk meningkatkan masa simpan. Jenis lilin yang ditemukan pada apel, dinyatakan aman untuk dimakan. FDA (Food and Drug Administration) di Amerika telah mengesahkannya.

Tapi, jika masih ragu untuk mengonsumsi apel berlapiskan lilin, Anda bisa mencucinya dengan air hangat dan cairan khusus untuk buah dan sayur. Buah yang telah dicuci ada baiknya segera dimakan. Jika tidak akan dikonsumsi, simpan buah dalam keadaan belum dicuci, agar lebih awet. []

PARENTING


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.