, Laptop Mati Mendadak? Mungkin Ini Penyebabnya
Unik, Informatif , Inspiratif

Laptop Mati Mendadak? Mungkin Ini Penyebabnya

0

 

Pasti anda merasa jengkel apabila komputer/laptop anda,dihidupkan hanya beberapa menit saja komputer/laptop anda panas lalu mati mendadak?. banyak hal yang menyebabkan komputer menjadi overheating alias terlalu panas, baik itu penyebab dari hardware maupun software.

Salah satu penyebab komputer mati dengan sendirinya adalah karena terlalu panas atau terjadi permasalahan pada software komputer Anda. Berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan komputer menjadi overheating.

1. Kebocoran dari power supply

Jika terjadi kebocoran pada power supply, tegangan listrik keluar menuju mainboard dan komponen lain akan naik. Naiknya tegangan listrik ini akan menyebabkan 2 kemungkinan yaitu seluruh komponen listrik dan membuat CPU panas, atau salah satu/beberapa komponen langsung rusak.

Solusinya, dianjurkan agar menggunakan Stabilizator untuk menjaga tegangan listrik.

2. Komputer digunakan untuk bermain game

Jika komputer digunakan main game, maka untuk menampilkan permainan yang sempurna, setidaknya ada tiga komponen yang bekerja berat secara langsung, yaitu Processor, Memory utama dan VGA.

Related Posts

Pekerjaan berat yang dilakukan oleh Processor akan menimbulkan panas yang lumayan tinggi dan bisa saja menyebabkan komputer mati dengan sendirinya. Solusinya, tambahkan kipas pengisap pada bagian belakang CPU untuk mengisap udara panas dari dalam.

3. Kipas pendingin rusak

Jika kecepatan kipas sudah menurun atau sangat berdebu maka supply udara pendingin juga akan menurun sehingga Processor menjadi overheating.

Solusinya, buka kipas pendingin, bersihkan dari debu lalu pastikan bahwa kipas tersebut masih berputar dengan normal. Kipas pendingin yang dicurigai sudah rusak sebaiknya diganti saja.

4. Debu di dalam laptop

Bila debu sudah terlalu banyak menempel di dalam komputer/laptop, terutama di kipas bagian dalam dan di saluran pembuangan udara, laptop dapat mati sendiri secara tiba-tiba karena kepanasan.

Bersihkan debu di dalam komputer/laptop Anda secara rutin, agar sirkulasi udara di dalamnya dapat berjalan dengan baik.

5. Virus atau malware

Bukan hanya hardware yang menyebabkan laptop menjadi panas, virus pun bisa membuat komputer Anda panas, mengapa? Belakangan ini banyak virus atau malware yang mampu menggangu kinerja processor sehingga membuat komputer anda cepat panas. Cara mengatasinya Anda bisa menggunakan antivirus seperti anti spyware. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.