Unik, Informatif , Inspiratif

Larangan Haji Warga Palestina Hoaks, Dubes Saudi: Berita Itu Buatan Israel dan Inggris

0 164

Pemerintah Arab Saudi menafikan berita tentang larangan bagi warga Palestina menjalankan beribadah haji. Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaib menyebut, informasi tersebut dibuat oleh dua negara.

“Kami sampaikan bahwa berita tersebut tidak benar dan tidak bisa dipercaya dan bersumberkan dari pihak Israel dan Inggris,” ujar Osama di Kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Jakarta, Selasa (13/11/2018).

BACA JUGA: Dubes Saudi: Habib Rizieq Bukan Sosok Menakutkan

Osama, yang dalam kesempatan sama mengaku mengapresiasi PP Muhammadiyah karena meminta secara pribadi untuk tabayun atau memberikan klarifikasi tentang rumor tersebut, juga menekankan berita tersebut sangat tidak logis.

“Alasannya,” kata Osama, “Populasi penduduk Palestina yang hanya sekitar 7 juta sangat tidak mungkin mendapatkan kuota haji sebesar 3 juta jamaah,” seperti diberitakan oleh media online yang berbasis di Inggris Middle East Eye.

Osama menganalogikan, Indonesia yang memiliki penduduk lebih dari 260 juta jiwa saja hanya memiliki kuota haji sekitar 220 ribu jemaah.

“Maka tidaklah logis kalau seandainya jumlah yang akan melakukan ibadah haji dari Palestina itu mencapai 1 juta orang. Palestina dengan 7 juta penduduk berarti hanya menerima [kuota] sekitar 7 ribu jamaah haji,” imbuh dia.

BACA JUGA: Dubes Saudi: Insya Allah, Tuti Jadi Ahli Surga

Pemerintah Saudi, sebut Osama, memastikan kuota haji yang diberikan ke setiap negara adalah sama.

Dia juga menegaskan isu Palestina merupakan persoalan semua umat Islam, dukungan dari pemerintah serta masyarakat Indonesia diapresiasi sangat besar oleh Arab Saudi.

“Karena itu kita tidak akan membiarkan Palestina sendirian dan kita terus akan memberikan bantuan finansial. Arab Saudi melakukan itu untuk kepentingan masyarakat dan negara Palestina,” tegas Osama. []

SUMBER: ANADOLU

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline