Unik, Informatif , Inspiratif

Laut China Selatan Diubah Nama Jadi Laut Natuna Utara, Ini Respon China

0

Tiongkok memberikan reaksi kritik terhadap keputusan pemerintah Indonesia, yang akan mengubah nama Laut China Selatan menjadi Laut Natuna Utara. Kementerian Luar Negeri China menilai, bahwa tindakan pemerintah Indonesia tersebut tak masuk akal.

“Langkah pergantian nama itu tidak masuk akal dan tidak selaras dengan upaya standardisasi mengenai penyebutan wilayah internasional,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Geng Shuang, Ahad (16/7/2017) lansir CNN.

“Kami berharap agar negara relevan di kawasan mampu berkolaborasi dengan China untuk tujuan bersama serta situasi di kawasan Laut China Selatan,” lanjut Geng Shuang.

Sebelumnya, pada Jumat, (14/07/2017), Deputi I Bidang Kedaulatan Maritim Kemenko Kemaritiman Arif Havas Oegroseno menyebut bahwa pemerintah Indonesia secara resmi akan mengubah penyebutan nama Laut China Selatan menjadi Laut Natuna Utara.

“Di utara Natuna, kita berikan nama baru sesuai praktik yang sudah ada, yaitu Laut Natuna Utara,” ujar Arif Havas dalam konferensi pers.

Arif Havas pun menjelaskan, Indonesia memiliki kewenangan untuk memberikan nama di wilayah teritorial di Tanah Air. Adapun untuk kepentingan pencatatan resmi secara internasional, dapat dilakukan melalui forum khusus pencatatan nama laut, yakni International Hydrographic Organization (IHO).

“Memang kita perlu ‘update’ terus penamaan laut ini. Untuk PBB nanti kita berikan ‘update’ juga batas yang sudah disepakati. Ini supaya masyarakat internasional mengetahui kalau lewat dia paham itu wilayah mana,” katanya. []

Sumber: Liputan6


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.