manfaat bergandengan tangan
Foto: Google Image

LDR dalam Pernikahan, Begini Menyikapinya

 

INSPIRADATA. Sepasang suami istri idealnya hidup bersama di bawah satu atap. Namun, adakalanya beberapa hal seperti tuntutan karier atau keluarga justru membuat suami-istri terpaksa harus tinggal berjauhan. Istilahnya adalah LDR (Long Distance Relationship). Bagaimana menyikapinya?

Suami istri yang menjalani LDR sangat rentan terhadap perselingkuhan dan perselisihan. Maka, diperlukan berbagai upaya agar kondisi rumah tangga tetap harmonis meski terpisah oleh jarak dan waktu. Disarikan dari berbagai sumber, berikut ini tips bagi pasangan suami istri yang menjalani LDR agar cinta tetap dekat dihati walaupun pasangan jauh di mata:

1. Ikhlas, sabar dan bersyukur. Ketiganyanya merupakan sikap penting yang dapat membuat setiap orang merasa damai dan tenang dalam menjalani hidup.

2. Menjaga komunikasi. Jagalah komunikasi yang ada dan sebisa mungkin untuk melakukan kontak secara intens. Manfaatkan media dan teknologi yang ada sehingga jarak dan waktu tidak lagi terasa sebagai kendala.

3. Menjaga kesetiaan dan saling percaya. Berpegang teguh pada komitmen pernikahan adalah yang paling utama. Ini bisa didukung oleh pikiran positif dan kejujuran dalam komunikasi yang dapat membantu dalam mengatasi berbagai perselisihan yang mungkin terjadi.

4. Bersikap pengertian dan perhatian. Walaupun berjauhan, usahakan pasangan suami-istri LDR tetap memiliki waktu untuk bersama yang berkualitas meskipun hanya sebentar. Hal ini dapat dilakukan melalui canda tawa, obrolan ringan ataupun pemberian hadiah kecil yang tak diduga. Walaupun sederhana tapi mampu mendatangkan kebahagiaan tersendiri bagi pasangan.

Rencanakan masa depan. Ini bisa dimulai dengan mengatur keuangan dan yang lainnya. Misalkan, merencanakan lokasi tempat tinggal, pekerjaan baru, dan lain sebagainya.
Tawakal. Setelah semua do’a dan usaha telah dilaksanakan, maka jalani saja dengan menyerahkan hasil sepenuhnya kepada Allah ta’ala.[]


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

alasan suami selingkuh

Perhatikan, 5 Hal Sepele Ini Bisa Jadi Tanda Pasangan Anda tengah Berselingkuh

Meski demikian, ada juga orang yang tetap biasa saja dengan HP. Kemana-mana dia tidak perlu terlalu sering memegang handphone. Membuka handphone kalau ada notifikasi saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *