lebah
lebah (foto: theboldnews)

Lebah dan Manajemen Hidup

lebah
lebah (foto: theboldnews)

INSPIRADATA. Penggunaan waktu yang tidak efisien adalah bentuk lain dari ‘israf’. Dalam Quran, ada Surah yang membahas tentang manajemen, “An-Nahl/lebah”. Lebah adalah makhluk intelektual yang memahami tujuan keberadaannya dan menyadari keahliannya.

Lebah melakukan usaha pemenuhan tujuannya dengan ketekunan, mereka bepergian ribuan mil untuk mengumpulkan bahan-bahan dan tidak beristirahat sampai selesai. Sementara hasil produknya (madu) murni dan menawarkan manfaat kepada penikmatnya.

BACA JUGA
Mukmin dan Lebah, Seorang Mukmin itu Ibarat Lebah
Inilah 6 Keistimewaan Lebah yang Layak Ditiru Manusia

Pun begitu, Muslim bertanggung jawab untuk mengelola waktu mereka dengan bijak dan produktif. Setiap hari kita berjuang dengan mengelola diri kita sendiri, sering kali kita menunda-nunda dan terganggu terus-menerus.

Sebuah kutipan terkenal dari Imam Syafi’I menyatakan: “Waktu adalah seperti pedang: jika Anda tidak memotongnya, ia akan memotong Anda.”

Bagi kita manajemen yang baik adalah dengan cara Shalat atau do’a, ini adalah bentuk manajemen waktu yang penting untuk kehidupan sehari-hari, agar kita senantiasa dalam jalur yang tepat dalam lima kali sehari.

Referensi: Mvslim


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *