Unik, Informatif , Inspiratif

Lecet Saja, Motor Balap MotoGP Habiskan Dana Reparasi Segini…

0

MOTOGP merupakan ajang balap motor tertinggi dan paling prestisius di dunia. Beberapa pabrikan motor terkenal berlomba-lomba menciptakan motor tercepat dan tercanggih demi meraih juara dan tentunya gengsi. Mereka berharap dengan menjuarai motoGP, produk mereka di pasaran bisa laris manis.

Karena memiliki tenaga ‘badak’ dan kecepatan yang bisa tembus sampai 350 km/jam, maka tak salah jika motor yang melaju di arena balap MotoGP punya harga yang fantastis, bisa mengalahkan harga mobil termewah sekali pun.

BACA JUGA: Termahal di Dunia, 6 Motor Ini Dijual dengan Harga Selangit

Dikutip dari laman Box Repsol, motor MotoGP dibanderol dengan harga 3 juta euro atau sekitar Rp 48,6 miliar. Harga itu merupakan kalkulasi dari setiap bagian motor. Mulai dari mesin (Rp 3,2 -4 miliar), sensor elektronik (Rp 1,6 miliar), rem depan (1,1 miliar), ban motor (19,2 miliar) dan komponen lainnya.

Mahalnya harga motor MotoGP juga sesuai dengan biaya reparasi. Dalam kondisi lecet saja biaya reparasinya mencapai Rp 240-380 juta. Sedangkan saat motor rusak akibat kecelakaan dibutuhkan biaya perbaikan sebesar 100.000 euro atau Rp 1,6 miliar. Wow!

Kecelakaan kecil seperti ini biasanya terjadi kerusakan pada menutup bodi motor, pijakan kaki, tuas, rem belakang, atau elemen lain yang mungkin rusak.

BACA JUGA: Bawa Motor Kopling? 3 Aturan Ini Wajib Dipatuhi

Sementara motor yang jatuh dalam kecelakaan yang keras, biaya perbaikannya mencapai angka €100.000 (Rp 1.6 miliar), kecelakaan parah biasanya membuat rusak pada ban, rem cakram, suspensi, radiator, dan sensor.

Lebih parah lagi jika motor mengalami kerusakan pada lengan ayun, sasis, elektronik internal, tangki bahan bakar, atau mesin, biaya perbaikan bisa membengkak hingga setengah juta euro (8 miliar). []

SUMBER: SUARA | RUNGANSPORT

 


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.